Perbedaan Bulu dan Rambut Menurut Biologi

16

Masyarakat berbahasa Indonesia membedakan istilah rambut dan bulu berdasarkan sifat atau letaknya. Di kepala disebut rambut, di betis disebut bulu. Kedua istilah digunakan berbeda meskipun kedua hal tersebut secara anatomi sama. Namu secara anatomi, rambut dan bulu sangat berbeda. Jadi, apa perbedaan bulu dan rambut?

Definisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V.

  • Bulu
    1. rambut pendek dan lembut pada tubuh manusia (bukan di kepala) atau binatang. Misal bulu kaki, bulu kucing.
    2. struktur lapisan luar kulit yang membentuk penutup tubuh bangsa unggas; kumpulan rambut banyak dan bertangkai seperti pada unggas: bulu ayam.
    3. serabut halus pada tumbuh-tubuhan; miang. Misal bulu padi, bulu daun.
  • Rambut
    1. bulu yang tumbuh pada kulit manusia (terutama di kepala)
    2. apa saja yang panjang dan halus menyerupai rambut; seperti akar, kawat, per, dan lain-lain.

Apa Perbedaan Bulu dan Rambut Menurut Biologi?

Perbedaan bulu dan rambut
Perbedaan bulu dan rambut.

Rambut adalah filamen protein yang tumbuh dari folikel yang ditemukan di kulit (dermis) mamalia. Bulu adalah rambut yang tumbuh tebal yang menutupi kulit banyak hewan terutama burung atau unggas.

Rambut

Struktur anatomi rambut tersusun dari akar rambut (root, bulb atau knob), batang rambut (shaft), dan ujung rambut (top). Rambut pada hewan teraba lebih kasar, sedangkan pada manusia rambut lebih lembut. Pigmen rambut hewan seragam dan terletak di tengah atau tepi sedangkan pigmen rambut manusia tersebar sepanjang batang rambut.

Struktur bagian rambut manusia maupun hewan umumnya sama yakni kutikula, korteks, dan medulla. Namun demikian ada beberapa hal yang membedakan antara rambut manusia dan hewan. Kutikula rambut hewan memiliki sisik yang besar, dengan medula yang lebar menyambung dan korteks yang tipis. Kutkula rambut manusia lebih kecil, dengan medula sempit terputus atau menyambung, dan korteks yang tebal.

Perbedaan bulu dan rambut tak hanya dapat dilihat dari strukturnya, penggunaan istilahnya pun berbeda. Dalam bahasa Inggris, kata rambut sepadan dengan “hair”, digunakan untuk menyebut rambut pada manusia. Sedangkan untuk hewan kata yang tepat untuk “rambut adalah “fur”. Lain halnya dengan “bulu” yang dalam bahasa Inggris disebut dengan “feather”.

Bulu

Bulu yang menutupi permukaan tubuh burung dan unggas adalah struktur yang kedap air. Inilah yang memberikan bebek dapat berenang dan mengapung di air tanpa basah kuyup.

Sumbu utama dari bulu disebut rachis, bercabang ke samping membentuk barb, lalu keluar percabang lagi yang disebut barbule. “Quill” adalah tangkai pangkal dari bulu yang menghubungkan bulu dengan folikel.

Struktur bulu burung atau unggas.
Bagian-bagian bulu burung. Credit Britanica.

Ada empat fungsi utama bulu yaitu untuk insulasi (mengatur suhu tubuh), terbang, komunikasi, dan kamuflase. Bulu yang mengalami modifikasi dapat digunakan untuk berenang, memproduksi suara, mendengar (pada burung hantu), sensasi tactil (burung elang), dan pamer penampilan saat perkawinan.

warna bulu burung

Warna yang terdapat pada bulu berasal dari tiga pigmen utama yakni melanin (hitam, kelabu, coklat), prophyrin (variasi warna merah, coklat, hijau), dan karotenoid (merah pekat, oranye).

Setelah membaca artikel ini seharusnya Anda sudah mampu menggambarkan dengan jelas perbedaan bulu dan rambut. Kedua istilah tersebut sangat berbeda jauh dari sudut pandang ilmu Biologi. Tetapi masyarakat awam sudah lazim untuk menyebut rambut dengan bulu.

Perbedaan Bulu dan Rambut Lain

Mungkin Anda sudah menyadari bahwa rambut di kepala tumbuh terus menerus, sementara rambut di bagian tubuh lain, seperti “bulu” mata, terhenti pada titik tertentu. Begitu juga pada burung, bulu-bulu mereka tidak tumbuh seperti rambut kepala kita.

Sebagai tambahan, bulu tidak mengalami perubahan warna sedangkan rambut kepala berubah warna (beruban).


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.