Langkah Sintesis Protein Disertai Gambar

41

Makhluk hidup seperti manusia melakukan sintesis protein, jamur juga. Di sini Anda akan mempelajari langkah-langkah sintesis protein lengkap dengan gambar untuk membantu memahami. Ada tiga tahap, yaitu inisiasi, pemanjangan, dan pengakhiran.

Proses pembentukan protein sering sulit dipahami oleh sebagian besar pelajar karena langkahnya yang panjang dan rumit. Ada banyak literatur yang menjelaskannya. Mungkin Anda sudah membaca beberapa. Di sini kami akan mengutip penjelasan dari buku “Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem”, oleh Lauralee Sherwood. Penjelasan yang sangat bagus dan rinci, juga lebih mudah dimengerti. Kami nyaris tidak mengubah tata kalimatnya untuk menghindari salah tafsir.

Langkah Sintesis Protein

Ada 3 langkah utama, detailnya ada 9.

Langkah 1: Inisiasi

Sintesis protein dimulai ketika sebuah molekul tRNA bermuatan yang memiliki antikodon spesifik untuk kodon mulai berikatan dengan tempat ini di mRNA (langkah 2).

Langkah 2: Pemanjangan

tRNA yang bermuatan kedua yang memiliki antikodon spesifik untuk kodon selanjutnya di sekuens mRNA kemudian menempati tempat di sebelah tRNA pertama (langkah 3). Pada setiap saat, sebuah ribosom hanya dapat mengakomodasi dua molekul tRNA yang terikat ke kodon-kodon yang berdekatan. Melalui kerja enzim, terbentuk dua ikatan peptida antara asam amino yang berkaitan dengan pangkal molekul-molekul tRNA yang berdekatan (langkah 4). Ikatan antara tRNA dan asam aminonya kemudian putus sehingga tRNA kedua memiliki sebuah rantai dengan dua asam amino. Molekul tRNA yang tidak bermuatan (yaitu asam amino yang penumpangnya telah lepas) dibebaskan dari mRNA (langkah 5).

Gambar: Langkah Sintesis Protein

Langkah-langkah sintesis protein
Penyusunan ribosom dan translasi protein

Ribosom kemudian bergerak sepanjang molekul mRNA sejarak tepat tiga basa, yaitu panjang satu kodon (langkah 6) sehingga tRNA yang mengandung dua rantai asam amino bergerak ke tempat ribosom nomor satu untuk tRNA. Kemudian, tRNA bermuatan dengan antikodon komplementer untuk kodon ketiga sekuens mRNA menempati tempat ribosom nomor dua yang ditinggalkan oleh tRNA kedua (langkah 7). Rantai asam amino kemudian berikatan dengan dan dipindahkan ke tRNA ketiga untuk membentuk rantai tiga asam amino (langkah 8). Melalui pengulangan proses ini, asam-asam amino kemudian ditambahkan satu persatu ke rantai polipeptida yang terus memanjang dalam urutan yang ditentukan oleh sekuens kodon seiring dengan bergeraknya perangkat translasi ribosom di sepanjang molekul mRNA satu kodon demi satu kodon (langkah 9). Proses ini berlangsung cepat. Dapat ditambahkan hingga 10 sampai 15 asam amino per detik.

Langkah 3: Pengakhiran

Yang terkahir dari langkah-langkah sintesis protein disebut pengakhiran. Pemanjangan rantai polipeptida berlanjut sampai ribosom mencapai kodon stop di molekul mRNA, saat polipeptida tersebut dibebaskan. Polipeptida ini kemudian melipat dan dimodifikasi menjadi protein sempurna. Subunit-subunit ribosom terurai dan bebas untuk tersusun kembali menjadi ribosom lain untuk translasi molekul mRNA yang lain.

Keterangan gambar langkah sintesis protein

  1. Setelah berikatan dengan sebuah molekul RNA perantara (mRNA), subunit ribosom kecil menyatu dengan subunit besar untuk membentuk ribosom fungsional.
  2. RNA transfer (tRNA), yang dimuati oleh asam amino spesifiknya, berikatan dengan mRNA melalui pembentukan pasangan basa komplementer antara antikodon tRNA dan kodon mRNA pertama yang terletak di tempat pengikatan ribosom nomor satu.
  3. Molekul tRNA lain melekat ke kodon berikutnya di mRNA yang terletak di tempat pengikatan ribosom nomor satu.
  4. Asam amino dari tRNA pertama diikatkan ke asam amino di tRNA kedua.
  5. tRNA pertama dilepas.
  6. Molekul mRNA bergeser maju satu kodon (suatu jarak sepanjang sekuens sekuens tiga-basa).
  7. tRNA bermuatan lainnya masuk dan melekat dengan kodon berikutnya di mRNA, yang kini telah bergerak ke tempat pengikatan ribosom kedua.
  8. Asam amino dari tRNA di tempat pengikatan ribosom pertama diikatkan ke asam amino di tempat ke dua.
  9. Proses ini berlanjut (yaitu, langkah 5 sampai 8 diulang-ulang), dengan rantai polipeptida bertambah panjang sampai tercapai sebuah kodon stop dan rantai polipeptida dibebaskan.

Demikian langkah sintesis protein secara lengkap dan berurutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.