Cara Mengetes Madu Asli Terakurat dan Ilmiah

Banyak beredar di masyarakat tentang bagaimana cara mengetes madu asli. Entah berapa banyak artikel di internet yang juga membahas hal ini. Sebagian benar dan sebagiannya lagi hanya mitos belaka atau paling tidak itu adalah kesalahan persepsi saja. Artikel ini akan membantu Anda mengetahui mana madu asli dan mana madu palsu dari sudut pandang ilmiah.

Mitos cara mengetes madu asli

Berikut beberapa mitos atau salah persepsi tentang cara mengetes madu asli dan penjelasan ilmiahnya.

Cara mengetes madu asli
Madu asli dalam kemasan

Madu asli tidak didatangi semut

Siapa bilang semut tidak suka madu? Semut sangat senang kepada semua yang manis. Jadi, semut akan memakan apapun yang manis. Jika ada yang mengatakan semut tidak suka madu asli maka ini hanya mitos. Faktanya madu mengandung gula buah (fruktosa), dan gula rasanya manis, tentu saja. Oleh karena itu semut tentu sangat suka madu.

Tetapi ada benarnya jika semut tidak suka madu asli, alasannya karena madu tersebut telah mengalami fermentasi. Ciri-cirinya tutup botol akan meletup saat Anda buka. itu karena madu yang telah mengalami fermentasi akan menghasilkan etanol dan semut tidak suka etanol.

Kekentalan madu asli juga salah satu faktor mengapa semut tidak suka, terutama madu kemasan pabrik. Mereka lebih tertarik pada makanan yang lebih lembab. Berbeda dengan madu tradisional yang lebih lembab karena lebih banyak mengandung air.

Madu asli tidak menyebar saat dituang dalam air

Ini cara mengetes madu asli yang agak aneh saya rasa. Tetapi bagaimana menjelaskannya? Madu asli kemasan pabrik memiliki kadar air tidak lebih dari 20%. Sementara madu murni yang kadar airnya di atas 24% akan terlihat menyebar saat jatuh ke dalam air. Ini masalah kekentalan atau kepekatan. Bila madu kurang pekat (encer) tentulah akan mudah bercampur dengan air, begitu pula sebaliknya.

Cara mengetes madu asli, masukkan dalam kulkas?

Benarkah madu asli tidak membeku atau mengristal saat Anda simpan dalam kulkas / freezer. Kenyataannya, setiap madu asli masih memiliki kandungan air. Oleh sebab itu, madu asli yang Anda masukkan ke dalam kulkas akan bertambah kental. Sebagian madu dari sumber nektar tertentu seperti bunga karet atau sejenisnya, lama kelamaan akan mengkristal menyerupai gula pasir meskipun tak Anda simpan dalam kulkas. Namun demikian, Anda patut curiga jika madu yang Anda masukkan dalam kulkas membeku keseluruhan. Jadi, cara mengetes madu asli menggunakan teknik ini cukup masuk akal.

Madu asli sesuai SNI

Nilai SNI tidak dapat dijadikan standar madu murni sepenuhnya. Contoh, aktivitas enzim diastase berdasar SNI minimal 3 DN dan kadar sukrosa kurang dari 5%.  Faktanya aktivitas enzim diastase madu murni yang diambil langsung dari hutan rata-rata di bawah 1,5.

Korek api yang dicelupkan ke dalam madu asli masih bisa menyala

Madu asli mengandung sedikit air (terutama madu kemasan pabrik) dan madu tidak sama dengan air. Menyelupkan korek api ke dalam madu tidak akan membuat korek api menjadi basah seperti basah tercelup dalam air. Jadi wajar jika korek api masih dapat menyala.

Cara mengetes madu asli metode ilmiah

Ilmu pengetahuan telah berjuang selama bertahun-tahun untuk mengembangkan tes berbasis ilmiah yang dapat kita andalkan untuk mengetes keaslian madu. Caranya adalah dengan mengidentifikasi adulterants dan gula yang ditambahkan ke madu. Sampai tulisan ini kami muat belum ada analisis yang handal yang bisa kita lakukan dengan mudah di rumah. Mengidentifikasi gula yang tercampur ke dalam madu butuh peralatan laboratorium.

Di laboratorium, satu-satunya metode handal hingga saat ini untuk menguji kemurnian/keaslian madu  adalah AOAC (Stable Carbon Isotope Ratio Analysis). Metode yang mengukur rasio istop carbon stabil 13C/12C antara protein dan senyawa gula dalam madu. Jika nilainya kurang dari  1‰ maka madu tersebut masih murni*.

Tips membeli madu asli

Berikut ini beberapa tips bila Anda akan membeli madu.

  • Semua informasi di atas itu bisa Anda jadikan acuan awal bagaimana cara mengetes madu asli. Cara yang paling akurat adalah membeli sendiri dari petani lebah atau orang yang anda kenal dan terpercaya. Atau membeli madu dari merek yang sudah terkenal menjual madu asli.
  • Madu asli tidak sama dengan gula, meskipun sama-sama manis. Madu tidak membuat badan panas meskipun Anda minum dalam dosis berlebih. Bila badan Anda panas setelah minum madu ini bisa menjadi indikator awal jika madu telah bercampur gula sintetis.
  • Manisnya madu tidak membuat sakit gigi Anda kambuh. Alasan ilmiahnya adalah madu yang yang telah dicampur gula akan membuat tubuh menjadi panas. Sakit gigi biasanya kambuh jika tubuh panas.
  • Kenali aromanya. Anda dapat mengandalkan indera pengecap dan indera penghidu untuk mengenali rasa dan aroma madu murni yang khas. Ini butuh pembiasaan.

Itulah beuberapa trik cara mengetes madu asli, semoga bermanfaat dan Anda terhindar dari membeli madu palsu alias campuran atau “oplosan”.

Referensi:

*Padovan, G.J., Rodrigues, L.P., Leme, I.A., Jong David, D., Marchini, J.S., 2007. Presence of C4 sugars in honey samples detected by the carbon isotope ratio Measured by IRMS. Eurasian Journal of Analytical Chemistry, 2:134-141.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.