Berapa Volume Darah Manusia?

Takjub dengan perannya yang begitu banyak, mungkin Anda penasaran, berapa volume darah manusia? Darah merupakan jaringan ikat khusus yang berada dalam matriks berbentuk larutan. Bersama-sama dengan organ pembuluh darah membentuk sistem peredarah darah. Darah berfungsi mengangkut nutrisi dan oksigen ke setiap sel dalam tubuh. Darah juga mengangkut limbah metabolisme keluar dari sel. Di samping itu, darah menjaga suhu tubuh kita agar tetap stabil. Caranya dengan membawa kelebihan panas dari bagian tubuh ke kulit, panas dilepaskan di sana. Darah juga bertugas sebagai sistem pertahanan tubuh terhadap patogen yang masuk.

Berapa Volume Darah Manusia?

Cairan darah, yang disebut plasma (berwarna kekuningan), mengandung jutaan sel yang merupakan 45% volume total darah manusia. Satu milimeter kubik darah manusia mengandung sekitar 5 juta sel darah merah atau eritrosit. Mengandung 5.000 sampai 10.000 sel-sel darah putih atau leukosit. Keping darah atau trombosit sekitar 200.000 sampai 300.000 sel.

Lebih lanjut tentang apa saja yang terkandung dalam darah, baca artikel kami: Komponen-komponen Darah dan Tekanan Darah, Aliran Darah, Denyut Nadi, dan Resistensi.

Rata-rata volume darah manusia

Volume darah setiap orang tidak sama persis. Status kesehatan dan berat badan menentukan berapa volume darah yang dimiliki. Volume darah orang dewasa yang sehat sekitar satu per sebelas atau 7% dari berat badan. Sebagian besar sumber menyatakan total darah manusia dewasa rata-rata antara 4,7 dan 5 liter. Sumber-sumber lebih baru menyatakan volume darah pada orang dewasa adalah rata-rata 4,7 liter.

Orang-orang yang tinggal di daerah tertentu dapat memiliki lebih banyak darah. Mereka yang tinggal di dataran tinggi, mungkin memiliki lebih banyak darah hingga 1,9 liter daripada orang yang tinggal di dataran rendah. Darah ekstra memberikan oksigen tambahan untuk sel-sel tubuh. Secara teori semakin banyak volume darah manusia maka semakin banyak hemoglobin. Itu artinya semakin banyak oksigen yang bisa diikat oleh darah. Mereka perlu lebih banyak darah karena dataran tinggi udaranya mengandung sedikit oksigen. Hemoglogin berfungsi mengikat oksigen. Darah yang lebih banyak memastikan mereka mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

Semoga artikel ini membantu menjawab pertanyaan Anda, berapa banyak darah di tubuh manusia?

Beberapa referensi terkait jumlah total darah manusia:

  • Blood. World Book Encyclopedia. Chicago: World Book, 1998: 407.
  • World Book Rush-Presbyterian-St. Lukes Medical Center Medical Encyclopedia 7th edition. Chicago: World Book, 1995: 120-121.
  • New Book of Popular Science. Connecticut: Grolier, 1996: 197.
  • Cameron, John R.; James G. Skofronick & Roderick M. Grant. Physics of the Body. Second Edition. Madison, WI: Medical Physics Publishing, 1999: 182.
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Posts