Animalia, Animal, Hewan

animalia, hewan

Semua hewan adalah anggota Kingdom Animalia, juga disebut Metazoa. Prokariota (Kingdom Monera, termasuk bakteri, ganggang biru-hijau) atau protista (Kingdom Protista, termasuk organisme eukariotik uniseluler) tidak masuk dalam kerajaan ini.

Ciri Anggota Animalia

Apa yang membedakan mereka dengan makhluk lain seperti tumbuhan dan jamur? Mari kenali ciri-cirinya.

Multiseluler

Tubuh hewan tersusun atas banyak sel; manusia misalnya, tersusun atas triliunan sel. Berbeda dengan protista yang semua kegiatan hidupnya di dalam sebuah sel tunggal.

Heterotrof

Yaitu bergantung secara langsung atau tidak langsung pada organisme lain untuk makanan mereka. Sebagian besar mencerna makanan dan mencernanya dalam rongga internal.

Tidak memiliki dinding sel kaku

Sel hewan tidak memiliki dinding sel kaku yang menjadi ciri sel tanaman. Tubuh sebagian besar hewan (semua kecuali spons) terdiri dari sel yang diorganisasikan ke dalam jaringan, setiap jaringan memiliki karakteristik tertentu untuk melakukan fungsi tertentu. Jaringan-jaringan yang berbeda diatur atau diorganisasikan membentuk organ.

Bergerak

Sebagian besar hewan mampu bergerak kompleks dan relatif cepat dibandingkan dengan tanaman dan organisme lain. Mereka bergerak kesana kemari untuk mencari makanan, bertemu dengan pasangan, atau menghindari pemangsa. Sebagian besar tumbuhan tidak bergerak dari satu tempat ke tempat lain, tetapi mereka bergerak menuju cahaya.

Anggota kingdom Animalia bereproduksi secara seksual

Sebagian besar anggota kingdom animalia bereproduksi secara seksual. Mereka bertelur atau melahirkan anak untuk menciptakan keturunan.

Sebagian besar hewan diploid, artinya sel-sel orang dewasa mengandung dua salinan materi genetik. Perkembangan sebagian besar hewan ditandai dengan tahapan yang khas, termasuk zigot, yang dibentuk oleh produk dari beberapa divisi sel pertama setelah pembuahan. Selanjutnya menjadi blastula, yang merupakan bola sel berlubang yang dibentuk oleh zigot yang sedang berkembang. Tahap berikutnya gastrula, yang terbentuk ketika blastula terlipat dengan sendirinya untuk membentuk struktur berdinding ganda dengan bukaan ke luar, blastopore.

Jumlah dan Persebaran Hewan

Diperkirakan sekitar 9 atau 10 juta spesies hewan menghuni bumi; angka pastinya tidak diketahui dan semua perkiraan kasar. Sejauh ini sebagian besar spesies hewan adalah serangga, sementara kelompok-kelompok seperti moluska, krustasea, dan nematoda juga sangat beragam.

Mereka menempati wilayah yang luas, mulai dari daratan, pegunungan, lautan, hingga daerah kutub. Mereka hadir di semua iklim, mulai dari tropis hingga wilayah beriklim beku.

Ukuran hewan berkisar dari tidak lebih dari beberapa sel hingga organisme dengan berat berton-ton, seperti paus biru dan cumi-cumi raksasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Related Posts