Jaringan Pengangkut Pada Tumbuhan

23

Jaringan pengangkut bertugas mengangkut zat-zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Ada dua macam jaringan ini, yaitu: xilem (pembuluh kayu) dan floem (pembuluh kulit kayu/pembuluh lapis). Keduanya merupakan jaringan dewasa yang kompleks, letaknya berdampingan, bersama-sama menyusun sistem pengangkutan pada tumbuhan.

Baca juga: Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

jaringan-pengangkut-xilem-floem

Berikut dijelaskan xilem dan floem, juga tipe jaringan pembuluh.

Xilem

Xilem bertugas mengangkut air dan garam-garam mineral terlarut dari akar ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Jalan pengangkutannya searah. Xilem merupakan jaringan kompleks karena tersusun dari beberapa tipe sel yang berbeda. Masing-masing sel tersebut disebut sebagai elemen xilem atau unsur xilem. Elemen ini antara lain: trakeid unsur pembuluh, serat xilem, dan parenkim xilem.

Trakeid berbentuk seperti serabut meruncing di kedua ujungnya dan bagian tengah berlubang. Ini mirip dengan pipa yang kedua ujungnya runcing.

Air dan garam mineral diangkut sepanjang jaringan pengangkut melalui noktah yang berpasangan. Di sisi lain, unsur pembuluh memiliki perforasi pada ujung-ujungnya yang berkesinambungan dengan unsur pembuluh lainnya.

Floem

Floem (bahasa Inggris = phloem) berfungsi sebagai penyalur fotosintesis dari bagian hijau tumbuhan terutama daun ke semua bagian tubuh tumbuhan. Floem juga merupakan jaringan kompleks hasil gabungan beberapa jenis sel yang berbeda. Diantara jenis selnya adalah unsur tabung tapis, sel pengiring, parenkim floem, dan serat floem. Ujung dinding elemen tapis, disebut lempeng tapis, memiliki lubang yang menghubungkan sitoplasma dari satu elemen tabung tapis dengan elemen tabung tapis lainnya.

Tipe Jaringan Pengangkut

Pada tumbuhan, terdapat bermacam-macam tipe jaringan pembuluh. Pada batang tumbuhan dikotil, jaringan pembuluh membentuk lingkaran yang terletak di antara korteks dan empulur. Lingkaran tersebut biasanya dipisahkan oleh parenkim intervasikuler. Pada batang tumbuhan monokotil, jaringan pengangkut tersebar dan berbeda jaringan yang ada di akar dan batang. Pada akar, letak xilem berselang-seling dengan floem, sedangkan pada batang, floem terletak di sebelah luar xilem.

Tipe jaringan pembuluh berdasarkan letak floem terhadap xilem:

  1. Radial, xilem dan floem letaknya berselang-seling.
  2. Berkas kolateral, jika floem dan xilem berdampingan. Ada dua tipe, yaitu kolateral terbuka dan kolateral tertutup.
  3. Berkas bikolateral, xilem diapit oleh floem luar dan floem dalam.
  4. Berkas konsentris, berkas pengangkut melingkar. Ada 2 jenis, konsentris amfivasal bila xilem mengelilingi floem. Konsentris amfikibral bila xilem dikelilingi floem

Lengkapi pemhaman Anda pada topik ini dengan membaca: Jaringan Penyokong Pada Tumbuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.