Perbedaan Tumor dan Kanker, Mana yang Lebih Berbahaya?

916

Penjelasan Tentang Perbedaan Tumor dan KankerDi benak sebagian besar orang, tumor dan kanker adalah hal yang menakutkan. Keduanya memang berbahaya, tetapi tahukah Anda apa bedanya? Perbedaan tumor dan kanker terletak pada perilaku abnormal sel. Abnormalitas dapat disebabkan oleh faktor internal dan eksternal.

Jaringan merupakan kumpulan sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama. Sel perlu melakukan pembelahan untuk membentuk suatu jaringan. Jadi, jaringan dapat juga dikatakan sebagai gumpalan sel.

Setiap sel memiliki siklus dan frekuensi pembelahan yang berbeda. Sel kulit sering melakukan pembelahan sepanjang hidup, sementara sel saraf dan sel otot tidak lagi dapat membelah pada manusia dewasa. Siklus sel diatur pada checkpointcheckpoint tertentu. Checkpoint merupakan titik kotrol kapan sel berhenti atau melanjutkan siklus pembelahan sel.

Apa Perbedaan Tumor dan Kanker?

Faktor internal dan eksternal dapat menyebabkan abnormalitas pada siklus sel. Faktor-faktor ini dapat menyebabkan sel mengabaikan pengontrolan normal. Akibatnya, sel yang abnormal ini berproliferasi secara berlebihan bahkan membelah secara tak terbatas. Selanjutnya terbentuklah massa atau gumpalan sel yang disebut tumor. Pada tahap ini, gumpalan sel pada jaringan masih normal dan tidak mengganggu jaringan lain di sekitarnya. Jika tumor tersebut tetap berada di tempatnya, dikategorikan sebagai tumor jinak.

Tumor jinak dapat berubah menjadi tumor ganas atau kanker jika sel normal mengalami transformasi menjadi sel kanker. Sel kanker dapat menyebar melalui pembuluh darah dan sistem limfatik, ikut beredar di dalam tubuh bersama darah. Pada bagian tubuh lain, sel kanker dapat membangun dirinya sendiri (berproliferasi) membentuk tumor ganas baru. Penyebaran atau perpindahan sel kanker dari tempat asalnya disebut metastasis. Misalnya, pasien mungkin sudah memulai dengan melanoma (kanker kulit) yang kemudian bermetastasis ke otak mereka. Hal ini menyebabkan lebih banyak bagian tubuh yang terserang sehingga pada akhirnya tubuh kehilangan kemampuan menopang hidupnya.

Jadi, perbedaan tumor dan kanker adalah perilaku selnya, jika tidak menggangu disebut tumor, jika menggangu disebut kanker. Perbedaan lainnya adalah sel kanker cenderung menjadi semakin buruk dan berpotensi mengakibatkan kematian. Tidak seperti tumor jinak, tumor ganas (kanker) tumbuh dengan cepat dan menyebar (bermetastasis) di dalam tubuh.

Baca juga: Gejala Kanker, Faktor Pencetus, dan Pencegahannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.