Mengapa Daun Berwarna Hijau?

mengapa daun berwarna hijau

Di Indonesia sebagian besar daun berwarna hijau sepanjang tahun. Lihatlah daun jambu biji, kamboja, bayam, binahong, dan lain sebagainya, mereka semua hijau. Namun sebagian lagi tidak hijau, misalnya bayam merah berwarna merah, beberapa jenis tanaman bunga daunnya berwarna kuning. Artikel ini membantu Anda menemukan jawaban mengapa daun berwarna hijau.

Penyebab Daun Berwarna Hijau

Daun tampak hijau karena klorofil yang dikandungnya. Klorofil adalah bagian dari daun yang menangkap sinar matahari dan menggunakan karbon dioksida dan air untuk menghasilkan gula.

Ketika sinar matahari memantulkan cahaya dari daun ke mata Anda, daun itu menyerap setiap warna pelangi (merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila, ungu), kecuali hijau! Daun tidak menyerap warna hijau, tetapi dipantulkan ke dalam mata Anda dan itulah sebabnya daun tampak hijau! Gambar di bawah akan membantu Anda lebih mudah memahami mengapa daun berwarna hijau.

daun berwarna hijau karena klorfil
Klorofil memantulkan cahaya hijau sehingga daun berwarna hijau terlihat oleh mata Anda.

Klorofil adalah pigmen (zat warna) hijau yang ditemukan di kloroplas tanaman, dan merupakan komponen penting fotosintesis. Kebanyakan klorofil menggunakan energi cahaya merah dan biru, sedangkan cahaya hijau tembus atau memantul dari daun dan mencapai mata seseorang. Daun kemudian tampak hijau. Daun sering terlihat berwarna hijau cerah ketika mereka dekat dengan daun lainnya. Ini terjadi karena cahaya yang dilihat orang memantul dari daun hijau sebelum mencapai mata.

Bagaimana dengan daun berwarna kuning, merah, atau lainnya?

Di negara-negara yang mengalami musim gugur, daun akan menguning sebelum rontok. Ketika musim gugur akan berakhir, tanaman dan pohon menghasilkan lebih sedikit klorofil karena cahaya mengatur produksi klorofil. Klorofil memiliki laju dekomposisi yang konstan, dan rona hijau mulai memudar ketika klorofil mulai membusuk. Saat itu warna hijau pada daun mulai memudar, dan digantikan oleh warna lain, misalnya kuning. Pigmen lain yang memengaruhi warna daun adalah pigmen antosianin yang menyebabkan daun tampak merah. Selain itu, pigmen karoten akan menyebabkan daun tampak merah, kuning atau oranye.

Pigmen adalah zat yang menyerap, memantulkan, dan mentransmisikan cahaya tampak, yang terdiri dari warna yang dapat dilihat mata manusia. Ketika cahaya putih menyinari pigmen, warna yang dilihat seseorang pada daun adalah warna cahaya yang dipantulkan dan / atau ditransmisikan.

1 comment
  1. Apakah klorofil bisa memantulkan warna lain seperti,merah ,kuning,dan lainnya .selain warna hijau ke mata? Dan jikalau klorofil hanya memantulkan warna hijau saja,apakah bayam yang berwarna merah itu tidak memiliki klorofil?jelaskan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Previous Post

Fototropisme, Pembengkokan Ke Arah Cahaya

Next Post
euglena

Euglena (Euglenophyta): Struktur, Ciri, dan Manfaat

Related Posts