Pengantar Biologi: Pengetahuan Dasar Sebelum Memulai

24

Jika Anda ingin tahu tentang biologi atau memiliki rencana kuliah di jurusan ini, mulailah dari topik mendasar, pengantar biologi. Topik ini akan memberitahu Anda pengetahuan awal apa yang harus Anda ketahui sebelum memulai belajar. Di samping itu, beberapa keterampilan sains umum yang harus dikuasai agar Anda lebih mudah memahami konsep-konsep di dalamnya.

Apa yang harus saya ketahui sebelum memulai belajar biologi?

Anda mungkin bertanya-tanya apa “prasyarat” yang haru dimiliki. Maksudnya, pengetahuan apa yang akan memberi Anda dasar yang kuat untuk belajar biologi.

Ada beberapa persyaratan mutlak yang harus Anda miliki, yaitu rasa ingin tahu, pikiran terbuka, dan kesediaan untuk berpikir kritis tentang alam. Jika Anda memilikinya, Anda bisa mulai belajar biologi tanpa latar belakang ilmu lain, asalkan Anda mau sambil belajar kimia, fisika, statistik, dan matematika.

Ada yang bilang, Anda mungkin akan lebih mudah memahami pelajaran biologi jika Anda sudah terbiasa dengan topik di bidang lain, terutama kimia. Di bawah ini adalah beberapa topik mendasar yang akan membantu Anda mengerti ilmu ini.

Keterampilan sains umum

  • Metode ilmiah. Apakah Anda sudah tahu apa hipotesis itu atau bagaimana cara mengujinya? Bagaimana dengan eksperimen? Konsep-konsep dasar ini akan membantu Anda tidak hanya dalam biologi, tetapi juga dalam bidang ilmu sains lainnya.

Kimia

  • Kimia umum. Pahami atom, molekul, dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain. Lagipula, tubuh Anda dan semua makhluk hidup juga benda mati terbentuk dari bahan kimia!
  • Kimia asam-basa. Banyak senyawa kimia dalam tubuh Anda adalah kimia asam-basa yang terbentuk dalam larutan encer. Mengetahui asam dan basa akan membantu Anda dalam topik biokimia.

Fisika

  • Hukum termodinamika. Dapatkan pemahaman tentang apa itu energi dan aturan apa yang mengatur transfernya. Energi terus mengalir melalui ekosistem, organisme, dan sel, dan sangat penting untuk menjaga sistem ini berjalan.

Statistik

  • Dasar-dasar probabilitas. Probabilitas adalah konsep kunci dalam biologi. Anda tidak perlu tahu banyak detail atau formula, tetapi jika Anda memahami konsep dasar, itu akan banyak membantu Anda dalam genetika dan genetika populasi.
  • Statistik. Anda tahu cara-cara dasar bagaimana kita menggambarkan sekumpulan data, seperti meanmedian, dan modus. Statistik sangat berguna jika Anda melangkah lebih dalam dan belajar tentang pengujian hipotesis, Anda pasti akan berhadapan dengan kurva.

Matematika

  • Aljabar dan grafik dasar. Anda tidak perlu mempelajari semua topik dalam matematika tetapi cukup memiliki pemahaman tentang aljabar dasar dan grafik (mis., arti kemiringan) akan membantu Anda memahami angka dan data dalam biologi.

Apakah saya harus mengetahui semua itu sebelum belajar biologi?

Belum tentu! Seperti yang saya sebutkan, Anda juga bisa belajar sambil jalan. Anda harus mau belajar topik-topik tersebut ini secara paralel seiring pembelajaran biologi Anda. Jadi, jangan terhalang dari biologi jika Anda belum menguasai semua pelajaran di atas.

Contoh kasus: Anda adalah anak jurusan IPS dan ingin melanjutkan kuliah di jurusan biologi. Anda hanya belajar sedikit fisika, kimia dan matematika di sekolah menengah! Jika Anda memiliki motivasi yang kuat untuk berhasil maka Anda pasti bisa “mengejar ketinggalan” pada beberapa prasyarat.

Saya ingin belajar biologi, tetapi saya tidak suka kimia, fisika, statistik, dan matematika

Jangan terhalang untuk belajar jika beberapa topik tersebut bukan atau belum menjadi favorit Anda. Biologi adalah bidang yang sangat luas dan beragam. Semua biologiwan perlu memiliki pemahaman dasar, kimia, fisika, matematika, dan statistik. Tetapi mereka tidak harus menjadi ahli dalam semua bidang itu.

Juga, jika Anda memiliki pengalaman buruk dengan pelajaran biologi, pada topik-topik tertentu misalnya di masa lalu, mengapa tidak mencobanya sekarang di sini? Mungkin akan lebih menyenangkan daripada yang Anda bayangkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.