Keanekaragaman Hayati (Biodiversitas)

keanekaragaman hayati (biodiversitas)

Keanekaragaman Hayati (Biodiversitas)Keanekaragaman hayati (biodiversitas) adalah keanekaragman makhluk hidup yang menunjukkan seluruh variasi gen, jenis (spesies), dan ekosistem di suatu tempat. Konsep ini didasari pada prinsip bahwa tidak ada makhluk hidup yang sama persis di dunia ini. Setiap makhluk hidup memiliki wujud, sifat, dan perilaku yang berbeda. Aneka ragam sifat atau bentuk makhluk hidup inilah yang membentuk sebuah keanekaragaman hayati di dunia.

A. Tingkat Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman hayati berdasarkan tingkat keragamannya dibagi menjadi tiga tingkat yaitu tingkat gen, tingkat jenis (spesies), dan keragaman tingkat ekosistem.

1. Keanekaragaman Gen

Keanekaragaman tingkat gen merupakan keragaman individu dalam satu jenis makhluk hidup. Keanekargaman gen dapat mengakibatkan variasi antarindividu sejenis, misal kenaekaragaman warna kulit manusia. Di samping itu, keanekaragaman gen pada manusia juga terlihat pada perbedaan warna mata, bentuk rambut, dan lain-lain. Keanekaragaman pada manusia tersebut dipengaruhi oleh perangkat pembawa sifat yang disebut gen.

2. Keanekaragaman Jenis

Keanekaragaman hayati jenis menunjukkan adanya variasi pada makhluk hidup sntsrjenis dalam satu marga (genus). Keanerakagaman jenis lebih mudah diamati daripada kenakeragaman gen. Sebagai contoh, tumbuhan kentang (Solanum tuberosum) dan tomat (Solanum lycopersicum), keduanya termasuk dalam genus yang sama yaitu solanum. Namun, keduanya mempunyai ciri fisik yang berbeda. Perbedaan antarjenis makhluk hidup dalam satu marga lebih mencolok daripada perbedaan antarindividu dalam satu jenis.

3. Keanekaragaman Ekosistem

Keanekaragaman tingkat ekosistem terjadi akibat adanya perbedaan letak geografis. Perbedaan letak geografis juga berarti perbedaan iklim. Pada iklim yang berbeda terdapat perbedaan temperatur, curah hujan, intensitas cahaya matahari, dan lama penyinaran. Keadaan ini mengakibatkan perbedaan tumbuhan (flora) dan hewan (fauna) yang hidup di daerah tersebut.

Ekosistem merupakan sustu sistem ekologi yang terbentuk oleh adanya hubungan timbal balik yang tak terpisahkan antara makhluk hidup dan lingkungan tempat tinggalnya.

B. Keanekaragaman Hayati Di Indonesia

Indonesia memiliki biodiversias makhluk hidup yang sangat tinggi sehingga disebut negara megabiodiversitas. Tingginya biodiversitas di Indonesia terlihat dari berbagai ekosistem yang ada di Indonesia. Ada ekosistem pantai, hutan bakau, hutan hujan tropis, padang rumput, dan sabana. Setiap ekosistem tersebut memiliki diversitas tersendiri.

1. Keanekaragaman Flora di Indonesia

Flora di Indonesia termasuk dalam kawasan flora Melanesia, yaitu suatu daerah luas yang meliputi Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, dan Kepulauan Solomon. Persebaran jenis tumbuhan di Indonesia tidaklah merata. Hutan hujan tropis di Kalimantan mempunyai keanekaragman paling tinggi. Sumatra dan Papua juga sangat kaya jenis tumbuhan. Adapun hutan di Jawa, Sulawesi, Maluku, dan Kepulauan Sunda mempunyai diversitas tumbuhan lebih rendah. Beberapa jenis tumbuhan khas Indonesia antara lain durian (Durio zibethinus), sukun (Artocarpus communis), bunga Rafflesia (Rafflesia arnoldi), dan meranti (Shorea sp.).

2. Keanekaragaman Fauna di Indonesia

Disamping keanekaragaman hayati floranya yang melimpah, Indonesia juga memiliki keragaman fauna yang melimpah. Indonesia memiliki 12% jenis hewan mamalia dunia, 16% jenis reptil dan amfibi, serta 12% jenis burung. Sebagaimana flora, persebaran fauna di Indonesia juga tidak merata. Wallace membagi dua wilayah utama persebaran fauna dengan menggambar di sebelah timur Kalimantan dan Bali. Garis ini memisahkan fauna Indonesia bagian barat dan timur. Daerah barat (Oriental) mencakup Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Daerah timur (Australian) meliputi Papua dan pulau-pulau di sekitarnya. Contoh fauna Oriental yaitu gajah (Elephas maximus), banteng (Bos sondaicus), dan harimau (Panthera tigris). Adapun contoh fauna Australian yaitu kanguru pohon (Dendrolagus ursinus), kuskus (Spilocuscus maculatus), dan burung cenderawasih (Paradisae minor).

Belakangan, seorang ahli zoologi bernama Weber membuat sebuah garis khayal di sebelah timur Sulawesi memanjang ke utara sampai kepulauan Aru, Nusa Tenggara. Menurut Weber, hewan-hewan di Sulawesi tidak sepenuhnya sama bisa dikelompokkan sebagai fauna Australian. Beberapa contoh hewan yang termasuk dalam kelompok fauna peralihan yaitu anoa (Bubalus depressicornis), burung maleo (Macrocephalon maleo), dan singapuar (Tarsius spectrum).

C. Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Keanekaragaman Hayati

Keagiatan manusia sangat berpengaruh terhadap keragaman makhluk hidup. Beberapa kegiatan manusia yang dapat mengakibatkan terjadinya penurunan biodiversitas sebagai berikut.

  1. Perusakan habitat, misal penebangan hutan atau penggundulan hutan untuk perkebunan.
  2. Penggunaan bahan kimia secara berlebihan, misal pada pupuk dan pestisida kimiawi.
  3. Pencemaran lingkungan dari limbah pabrik dan rumah tangga.

Sementara itu, kegiatan manusia yang dapat meningkatkan biodiversitas sebagai berikut.

  1. Penghijauan atau reboisasi hutan.
  2. Pemuliaan bibit unggul, misal dengan kawin silang sehingga dihasilkan varietas baru.

D. Usaha Pelestarian Biodiversitas Di Indonesia

Upaya pelestarian keragaman hayati di Indonesia meliputi dua hal pokok berikut.

  1. Pengembangan seca in situ (pengembangbiakan di dalam habitat aslinya), misal Taman Nasional Ujungkulon dan Taman Nasional Bali Barat.
  2. Pengembangan secara ex situ (pengembangan di luar habitat aslinya, tetapi lingkungan dibuat mirip dengan aslinya), misal penangkaran harimau di kebun binatang.

Usaha pemerintah dalam pelestarian biodiversitas antara lain dengan mendirikan kawasan konservasi. Beberapa contoh kawasan konservasi di Indonesia yaitu Taman Nasional Gunung Leuser di Provinsi Aceh. Ada juga suaka Margasatwa Cikepuh di Sukabumi, serta Cagar Alam Gunung Muntis di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kawasan konservasi dibuat terutama untuk melindungi hewan langka atau tumbuhan dari kepunahan.

E. Klasifikasi Keanekaragaman Hayati

Para ilmuwan mempelajari keragaman hayati makhluk hidup yang melimpah dengan cara melakukan pengelompokan (klasifikasi). Makhluk hidup dikelompokkan ke dalam kelompok-kelompok tertentu.

Sistem klasifikasi sifatnya dinamis, artinya terus berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Sampai saat ini dikenal tig sistem klasifikasi makhluk hidup, yaitu sistem artifisial (buatan), sistem alami, dan sistem filogenetik.

138 comments
  1. Setelah saya mengamati 3 jenis tumbuhan tersebut maka berdasarkan ciri cirinya ketiga gambar tersebut merupakan tumbuhan sejenis tetapi beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada ketiga tumbuhan tersebut.

    Terdapat beberapa persamaan dan perbedaan Yaitu:
    A. Perbedaan
    -warna dan ukuran yang tidak seragam
    B. Persamaan
    -daun tebal dan kaku
    -ujung daun yang runcing
    -sepertinya bisa hidup di daerah yang tandus

    Yang menyebabkan perbedaan tersebut yaitu adanya perbedaan genetika antara satu varietas dengan varietas lainnya

  2. Ya, berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.
    persamaanya yaitu:
    -Daun tebal dan kaku
    -Daun mengandung air
    – Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    – Batang berbentuk rhizoma
    -Akar serabut

    Terdapat juga perbedaan antara ketiga tanaman tersebut yaitu:
    -Warna hijau yang tidak seragam
    -Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  3. Ketiga jenis tumbuhan itu merupakan jenis tumbuhan Sansivera atau lidah mertua , maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Daun tebal dan kaku

    2. Daun mengandung air

    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu

    4. Batang berbentuk rhizoma

    5. Akar serabut

    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Warna hijau yang tidak seragam

    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.
    Nama: zahra salsabila
    Kelas:x mipa 8

  4. Setelah saya mengamati beberapa jenis tumbuhan di atas, tumbuhan di atas adalah Sansivera atau lidah mertua, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.
    persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Daun tebal dan kaku
    2. Daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4. Batang berbentuk rhizoma
    5. Akar serabut
    perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam
    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

    1. Setelah saya mengamati 3 jenis tumbuhan tersebut maka berdasarkan ciri cirinya ketiga gambar tersebut merupakan tumbuhan sejenis tetapi beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada ketiga tumbuhan tersebut.

      Terdapat beberapa persamaan dan perbedaan Yaitu:
      A. Perbedaan
      -warna dan ukuran yang tidak seragam
      B. Persamaan
      -daun tebal dan kaku
      -ujung daun yang runcing
      -sepertinya bisa hidup di daerah yang tandus

      Yang menyebabkan perbedaan tersebut yaitu adanya perbedaan genetika antara satu varietas dengan varietas lainnya

  5. Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan Sansivera pada gambar tersebut, berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut Ya, merupakan tanaman yang sejenis, namun berbeda variates karena keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    Ya, tentu saja terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu Daunnya tebal, keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing, mengandung banyak air, berwarna hijau dengan pola tertentu,serta batang yang berbentuk rhizoma, dan memiliki akar serabut. Dan bukan hanya persamaan tetapi terdapat juga perbedaan pada tanaman Sansivera tersebut yaitu Warna daunnya hijau yang tidak seragam, serta panjang dan lebar daun yang tidak sama bentuknya.

    Yang menyebabkan terjadinya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  6. Keanekaragaman hayati memiliki tiga tingkatan yaitu tingkat gen, tingkat spesies dan tingkat ekosistem.

    Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan Sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Daun tebal dan kaku

    2. Daun mengandung air

    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu

    4. Batang berbentuk rhizoma

    5. Akar serabut

    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Warna hijau yang tidak seragam

    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  7. Ya, karna berdasarkan ciri”nya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karna ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan sansivera tersebut.

    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman tersebut yaitu :
    1.daun tebal dan kaku
    2.daun mengandung air
    3.daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4.batang berbentuk rhizoma
    5.akar serabut

    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman tersebut yaitu :
    1.warna hijau yang tidak seragam
    2.panjang dan lebar daun tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

    1. 1.) Berdasarkan ciri cirinya ketiga tanaman tersebut sejenis yaitu sensevieria atau lebih dikenal dengan lidah mertua

      2.) Ketiga tanaman tersebut memiliki persamaan antara lain yaitu sama sama mempunyai daun tebal yang kaku serta daunnya mengandung air. Sama sama mempunyai akar serabut dan batang berbentuk rizhoma.

      3.) Walaupun sejenis akan tetapi tumbuhan tersebut memiliki perbedaan antara lain yaitu warna daun antra tanaman satu dan tanaman lain tidak seiras, serta panjang dan lebar daun tidak sama antara satu sama lain.

      4.) Penyebab terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut terjadi karena perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya

  8. setelah saya mengamati ketiga tanaman tersebut dapat di ambil kesimpulannya yaitu ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun berbeda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan sansivera atau biasa di sebut lidah mertua tersebut persamaanya yaitu :
    -daun mengandung air
    -daun tebal dan kaku
    -daun berwarna hijau dengan pola yang berbeda atau dengan pola tertentu
    -akar serabut
    -dan batang yang berbentuk rizhoma

    namun di antara persamaan diatas terdapat juga perbedaan antara ketiga tanaman tersebut yaitu :
    -panjang dan lebar daun yang tidak sama dan juga warna daun yang tidak seragam

    yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya

  9. Setelah saya mengamati beberapa jenis tumbuhan di atas, tumbuhan di atas adalah Sansivera atau lidah mertua, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.
    persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Daun tebal dan kaku
    2. Daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4. Batang berbentuk rhizoma
    5. Akar serabut
    perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam
    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  10. Ya, ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman sejenis namun tanaman ini memiliki karakter dan fisik yang berbeda dari induknya atau yang sering dengan spesies hibrid.

    persamaan yang terdapat pada tumbuhan ini yaitu memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing.

    perbedaan yang terdapat pada tumbuhan ini yaitu memiliki warna daun yang beragam dan motif alur atau garis garis yang terdapat pada helai daun juga bervariasi.

    yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tumbuhan tersebut yaitu ditinjau berdasarkan jenis tanaman tersebut ada dua jenis yakni yang pertama dari keturunan asli sedangkan yang kedua dari hasil persilangan/hibridasi.

  11. Setelah mengamati beberapa tumbuhan di atas, terdapat tumbuhan sansivera atau lidah mertua, maka berdasarkan ciri cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan sansivera tersebut

    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman sansivera tersebut:
    1.daun tebal dan kaku
    2.daun mengandung air
    3.daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4.batang berbentuk rhizoma
    5.akar serabut

    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman sansivera tersebut:
    1.warna hijau yang tidak seragam
    2.panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan satu varietas lainnya.

  12. Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan Sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Daun tebal dan kaku

    2. Daun mengandung air

    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu

    4. Batang berbentuk rhizoma

    5. Akar serabut

    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Warna hijau yang tidak seragam

    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  13. Setelah saya mengamati saya bisa tau dan paham.
    Pada tanaman tersebut terdapat tiga persamaan Sansivera yaitu:

    1. Daun mengandung air

    2. Daun tebal dan kaku

    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu

    4. Akar serabut

    5. Batang berbentuk rhizoma

    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Warna hijau yang tidak seragam

    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Keanekaragaman hayati terdapat tiga tingkatan yaitu tingkat spesies, tingkat gen dan tingkat ekosistem

  14. Keanekaragaman hayati memiliki tiga tingkatan yaitu tingkat gen, tingkat spesies dan tingkat ekosistem.

    Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan Sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Daun tebal dan kaku

    2. Daun mengandung air

    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu

    4. Batang berbentuk rhizoma

    5. Akar serabut

    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Warna hijau yang tidak seragam

    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

    1. Setelah saya mengamati 3 jenis tumbuhan tersebut maka berdasarkan ciri cirinya ketiga gambar tersebut merupakan tumbuhan sejenis tetapi beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada ketiga tumbuhan tersebut.

      Terdapat beberapa persamaan dan perbedaan Yaitu:

      A. Perbedaan
      -warna dan ukuran yang tidak seragam
      B. Persamaan
      -daun tebal dan kaku
      -ujung daun yang runcing
      -sepertinya bisa hidup di daerah yang tandus

      Yang menyebabkan perbedaan tersebut yaitu adanya perbedaan genetika antara satu varietas dengan varietas lainnya

  15. Keanekaragaman hayati memiliki tiga tingkatan yaitu tingkat gen, tingkat spesies dan tingkat ekosistem.

    Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan Sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Daun tebal dan kaku

    2. Daun mengandung air

    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu

    4. Batang berbentuk rhizoma

    5. Akar serabut

    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Warna hijau yang tidak seragam

    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  16. Keanekaragaman hayati memiliki tiga tingkatan yaitu tingkat gen, tingkat spesies dan tingkat ekosistem.

    Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan Sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Daun tebal dan kaku

    2. Daun mengandung air

    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu

    4. Batang berbentuk rhizoma

    5. Akar serabut

    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Warna hijau yang tidak seragam

    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  17. Nama : febe priskila asaria
    Kelas : X MIPA 5

    Keanekaragaman hayati memiliki
    tiga tingkatan yaitu tingkat gen, tingkat spesies dan tingkat
    ekosistem.

    Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan Sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Daun tebal dan kaku

    2. Daun mengandung air

    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu

    4. Batang berbentuk rhizoma

    5. Akar serabut

    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Warna hijau yang tidak seragam

    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya

  18. Nama : febe priskila asaria
    Kelas : X MIPA 5

    Keanekaragaman hayati memiliki
    tiga tingkatan yaitu tingkat gen, tingkat spesies dan tingkat
    ekosistem.

    Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan Sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    -Daun tebal dan kaku
    -Daun mengandung air
    -Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    -Batang berbentuk rhizoma
    -Akar serabut

    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    -Warna hijau yang tidak seragam
    -Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya

  19. Nama : febe priskila asaria
    Kelas : X MIPA 5

    Keanekaragaman hayati memiliki
    tiga tingkatan yaitu tingkat gen, tingkat spesies dan tingkat
    ekosistem.

    Setelah saya mengamati beberapa jenis tumbuhan Sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan teliti, maka berdasarkan ciri-cirinya dapat disimpulkan bahwa ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    -Daun tebal dan kaku
    -Daun mengandung air
    -Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    -Batang berbentuk rhizoma
    -Akar serabut

    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    -Warna hijau yang tidak seragam
    -Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya

  20. berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Daun tebal dan kaku

    2. Daun mengandung air

    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu

    4. Batang berbentuk rhizoma

    5. Akar serabut

    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Warna hijau yang tidak seragam

    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  21. Nama:Michael Galuanta
    Kelas:X MIPA 6

    Setelah saya mengamati beberapa jenis tumbuhan di atas, tumbuhan di atas adalah Sansivera atau lidah mertua, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.
    persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Daun tebal dan kaku
    2. Daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4. Batang berbentuk rhizoma
    5. Akar serabut
    perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam
    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  22. Keanekaragaman hayati memiliki tiga tingkatan , yakni :
    tingkat gen
    tingkat spesies
    tingkat ekosistem.

    Setelah saya mengamati beberapa jenis tumbuhan Sanivera ( Lidah Mertua ) pada gambar dengan secara rinci, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.
    persamaanya yaitu:
    -Daun tebal dan kaku
    -Daun mengandung air
    – Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    – Batang berbentuk rhizoma
    -Akar serabut

    Terdapat juga perbedaan antara ketiga tanaman tersebut yaitu:
    -Warna hijau yang tidak seragam
    -Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya

  23. Nama: Jolian Martin Liemantika
    Kelas : X MIPA 5

    Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti,maka berdasarkan ciri2nya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan sansivera tersebut.

    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman sansivera tersebut yaitu :
    1. Daun tebal dan kaku
    2. Daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4. Batang berbentuk rhizoma
    5. Akar serabut
    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman sansivera tersebut yaitu:
    1. Warna hijau daun yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  24. Setelah saya mengamati gambar tumbuhan tersebut, tumbuhan tersebut adalah tumbuhan sansivera atau lebih dikenal dengan nama lidah mertua, tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan sejenis tetapi berbeda varietas karena ada keanekaragaman gen pada tumbuhan sansivera tersebut.

    Ketiga tanaman sansivera tersebut memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaan ketiga tanaman sansivera atau lidah mertua tersebut yaitu:
    a). Memiliki daun yang tebal dan kaku serta mengandung banyak air.
    b). Batang tanaman tersebut berbentuk rhizoma dan memiliki akar serabut.
    Sedangkan perbedaan ketiga tanaman sansivera atau lidah mertua tersebut yaitu:
    a). Warna daun antara ketiga tanaman tersebut berbeda atau tidak sama.
    b). Serta panjang dan lebar daun tidak sama.

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut adalah perbedaan genetik antara varietas satu dengan yang lain.

  25. Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti, maka berdasarkan ciri-ciri ketiganya tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karna ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan sensivera tersebut.

    Persamaan pada ketiganya tanaman sensivera tersebut yaitu:
    1.Daun tebal dan kaku
    2.Daun mengandung air
    3.Dauh berwarna hijau dengan pola tertentu
    4.Batang berbentuk rizoma
    5.Akar serabut

    Perbedaan pada ketiga tanaman sensivera tersebut yaitu:
    1.Warna hijau yang tidak seragam
    2.Panjang dan lebar daun tdk seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetika antara satu varietas dan varietas lainnya.

  26. Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti, maka berdasarkan ciri-ciri ketiganya tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karna ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan sensivera tersebut.

    Persamaan pada ketiganya tanaman sensivera tersebut yaitu:
    1.Daun tebal dan kaku
    2.Daun mengandung air
    3.Dauh berwarna hijau dengan pola tertentu
    4.Batang berbentuk rizoma
    5.Akar serabut

    Perbedaan pada ketiga tanaman sensivera tersebut yaitu:
    1.Warna hijau yang tidak seragam
    2.Panjang dan lebar daun tdk seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetika antara satu varietas dan varietas lainnya.

    #Grachia Anggelin Yulina Tabita

  27. Keanekaragaman hayati memiliki tiga tingkatan yaitu tingkat gen, tingkat spesies dan tingkat ekosistem.

    Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan Sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Daun tebal dan kaku

    2. Daun mengandung air

    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu

    4. Batang berbentuk rhizoma

    5. Akar serabut

    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Warna hijau yang tidak seragam

    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  28. Setelah saya mengamati ketiga tanaman tersebut dapat di ambil kesimpulannya yaitu ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun berbeda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan sansivera atau biasa di sebut lidah mertua tersebut persamaanya yaitu :
    -daun mengandung air
    -daun tebal dan kaku
    -daun berwarna hijau dengan pola yang berbeda atau dengan pola tertentu
    -akar serabut
    -dan batang yang berbentuk rizhoma

    namun di antara persamaan diatas terdapat juga perbedaan antara ketiga tanaman tersebut yaitu :
    -panjang dan lebar daun yang tidak sama dan juga warna daun yang tidak seragam

    yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya

  29. Setelah saya mengamati tiga tanaman tersebut dapat di ambil kesimpulan yaitu ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun berbeda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan sansivera atau biasa di sebut lidah mertua tersebut persamaanya yaitu :
    -Daun mengandung air
    -Daun tebal dan kaku
    -Daun berwarna hijau dengan pola yang berbeda atau dengan pola tertentu
    -Akar serabut
    -dan batang yang berbentuk rizhoma

    Namun di antara persamaan diatas terdapat juga perbedaan antara ketiga tanaman tersebut yaitu :
    -Panjang dan lebar daun yang tidak sama
    -Warna daun yang tidak seragam

    yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya

  30. Setelah saya mengamati 3 jenis tumbuhan tersebut maka berdasarkan ciri cirinya ketiga gambar tersebut merupakan tumbuhan sejenis tetapi beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada ketiga tumbuhan tersebut.

    Terdapat beberapa persamaan dan perbedaan Yaitu:

    A. Perbedaan
    -warna dan ukuran yang tidak seragam
    B. Persamaan
    -daun tebal dan kaku
    -ujung daun yang runcing
    -sepertinya bisa hidup di daerah yang tandus

    Yang menyebabkan perbedaan tersebut yaitu adanya perbedaan genetika antara satu varietas dengan varietas lainnya

  31. Setelah saya mengamati gambar tumbuhan tersebut, tumbuhan tersebut adalah tumbuhan sansivera atau lebih dikenal dengan nama lidah mertua, tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan sejenis tetapi berbeda varietas karena ada keanekaragaman gen pada tumbuhan sansivera tersebut.

    Ketiga tanaman sansivera tersebut memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaan ketiga tanaman sansivera atau lidah mertua tersebut yaitu:
    a). Memiliki daun yang tebal dan kaku serta mengandung banyak air.
    b). Batang tanaman tersebut berbentuk rhizoma dan memiliki akar serabut.
    Sedangkan perbedaan ketiga tanaman sansivera atau lidah mertua tersebut yaitu:
    a). Warna daun antara ketiga tanaman tersebut berbeda atau tidak sama.
    b). Serta panjang dan lebar daun tidak sama.

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut adalah perbedaan genetik antara varietas satu dengan yang lain.

    Terimakasih

  32. Persamaan
    1. Memiliki yang Daun tebal dan kaku
    2. Daun mengandung air
    3. Batang berbentuk rhizoma
    4. Memiliki akar serabut
    Perbedaan
    1. Warna hijau yang dimiliki tidak sama
    2. Panjang dan lebar daun tidak sama

    perbedaan pada tanaman tersebut adalah adanya perbedaan genetik antara satu dan lainnya.

  33. Keanekaragaman hayati memiliki tiga tingkatan yaitu tingkat gen, tingkat spesies, dan tingkat ekosistem.
    Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan Sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1). Daun tebal dan kaku
    2). Daun mengandung air
    3). Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4). Batang berbentuk Rizoma
    5). Akar serabut

    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1). Warna hijau yang tidak seragam
    2). Panjang dan lebar daun yang tidak seragam.

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  34. Keanekaragaman hayati pada tumbuhan memiliki 3 tingkatan yang merupakan tentang tingkat genetika,spesies(populasi),dan ekosistem.

    -Tumbuhan sansivera atau lidah mertua pada gambar tersebut.maka berdasarkan ciri” nya ketiga tanaman tersebut merupakan suatu tanaman yg sama jenisnya tetapi mereka berbeda dalam varietas karena ada keanekaragaman tingkat genetika pada tumbuhan sansivera tersebut.

    -Persamaan:
    1.Memiliki daun yg tebal dan kaku
    2.Memiliki daun yg mengandung air
    3.Batang berbentuk rhizoma
    4.daun yg berwarna hijau dengan
    pola tertentu.
    5.Akar serabut.

    -Perbedaan
    1.Warna hijau yg tidak seragam
    2.Panjang dan lebar daun yg tidak
    seragam.

    Maka itulah yg menyebabkan terbentuknya suatu perbedaan pada tanaman tersebut yaitu dikarenakan adanya perbedaan genetika antara salah satu varietas dengan varietas lainnya.

  35. Ketiga jenis tumbuhan itu merupakan jenis tumbuhan Sansivera atau lidah mertua , maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Daun tebal dan kaku

    2. Daun mengandung air

    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu

    4. Batang berbentuk rhizoma

    5. Akar serabut

    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Warna hijau yang tidak seragam

    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  36. Nama : Revalen prisilia magasa
    Kelas : X MIPA 6
    setelah saya mengamati beberapa jenis tumbuhan di atas , sansivera atau lidah mertua . Maka berdasarlan ciri – ciri ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan sansivera .

    Persamaan pada ketiga tanaman sansivera yaitu.
    1.Daun tebal dan kaku
    2.Daunya mengandung air
    3.Daun berwarnah hijau
    4.Batang berbentuk rhizoma
    5.akar serabut

    Perbedaan pada ketiga tanaman sansivera yaiti.
    1.warnah hijau tidak seragam
    2.panjang dan lebar daun yang tidak seragam.
    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan ganetik antara satu varietas dengan varietas lainya

  37. Kelas : X Mipa 5
    Setiap jenis tumbuhan memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan tumbuhan lain.
    Keanekaragaman hayati pada tanaman sanseviera merupakan keanekaragaman hayati tingkat gen.

    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman sansivera tersebut yaitu :
    1. Daun tebal dan kaku.
    2. Daun mengandung air.
    3. Daun berwarna hijau tua dengan
    motif/ pola tertentu.
    4. Batang berbentuk rizoma.
    5. Akar berserabut.

    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman sansivera tersebut yaitu :
    1. Warna hijau yang tidak seragam.
    2. Panjang dan lebar daun tidak sesuai.

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  38. Setelah saya mengamati beberapa jenis tumbuhan sansevera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti,maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanegaragaman tingkat gen pada tumbuhan sansivera tersebut

    Terdapat persamaan dan perbedaan pada ketiga tanaman sansivera tersebut yaitu:

    A.Persamaan
    1). Daun tebal dan kaku
    2). Daun mengandung air
    3). Daun berwarna hijau pola tertentu
    4). Batang berbentuk rhizoma
    5). Akar serabut

    B.Perbedaan
    1).Warna hijau yang tidak seragam
    2). Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan ginetik antara satu varietas dengan varietas lainnya

  39. Setelah saya mengamati ketiga tanaman tersebut, ketiga tumbuhan tersebut merupakan merupakan tumbuhan sejenis tetapi beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.
    Perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Warna hijau yang tidak seragam.
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam.
    Persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    4. Daun tebal dan kaku.
    5. Daun mengandung air.
    6. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu.
    7. Batang berbentuk rhizoma.
    8. Akar serabut.
    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

    1. Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan Sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

      Perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
      1. Daun tebal dan kaku
      2. Daun mengandung air
      3. Daun berwarna hijau pola tertentu
      4. Batang berbentuk rhizoma
      5. Akar serabut

      Persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
      4. Daun tebal dan kaku.
      5. Daun mengandung air.
      6. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu.
      7. Batang berbentuk rhizoma.
      8. Akar serabut.

      Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan ginetik antara satu varietas dengan varietas lainnya

  40. Nama : Fransisca Aprilia Tarabu
    Kelas : X mipa 5

    * Ya, ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman sejenis yang merupakan jenis Sansevieria.
    * Ya, terdapat persamaan dan perbedaan, yaitu :
    – Persamaan :
    • Daun keras, tebal, memiliki
    kandungan air sukulen, tegak,
    berwarna dasar hijau dan
    memiliki ujung meruncing.
    • Batang semu berbentuk
    rimpang atau rhizoma.
    • Buah jenis beri (memiliki celah
    berisi biji, warna buah hijau saat
    muda.
    • Akar serabut.
    – Perbedaan :
    • Daunnya memiliki warna dengan
    variasi beragam, dan motif alur
    dan garis-garis yang bervariasi.
    Secara garis besar bentuk
    daunnya terbagi menjadi 2
    bentuk yaitu memanjang keatas,
    dan pendek melingkar berbentuk
    roset.
    • Buahnya saat tua ada yang
    berwarna merah, ada yang
    berwarna orange, hitam, dan
    hijau kusam.
    * Yang menyebabkan perbedaan yaitu perbedaan genetika keturunan asli/spesies dengan keturanan hasil persilangan/hibidrasi (sansevieria hibrid) satu sama lain.

  41. Nama: Janet Abigail Nathania Bane
    Kelas: X Mipa 5

    Ya, berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut sejenis yaitu sama-sama tanaman sansevieria (lidah mertua).
    Ya, Terdapat persamaan dan perbedaan diantara ketiga tanaman tersebut, persamaan diantara ketiga tanaman tersebut adalah:
    1. Ketiga tumbuhan ini berdaun tebal dan rimpang.
    2. Daun nya memiliki kandungan air.
    3. Ujung daun nya meruncing.
    4. Batang yang berbentuk Rhizoma.
    5. Tahan terhadap kekeringan.
    6. Berakar serabut.
    perbedaan diantara ketiga tanaman tersebut:
    1. ada jenis daun pendek dan ada jenis daun panjang.
    2. warna daun diantara ketiga tanaman tersebut berbeda.
    3. memiliki corak yang berbeda-beda.

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada ketiga tanaman tersebut adalah keanekaragaman gen sehingga menyebabkan variasi antar individu sejenis.

  42. Setelah saya mengamati beberapa tanaman tersebut ,Sansivera atau lidah mertua..maka berdasarkan ciri- cirinya bahwa tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan yang sejenis tetapi berbeda varietas. Karena ada
    keanekaragaman tingkat genetika pada tumbuhan sansivera tersebut.

    Ada beberapa persamaan pada ketiga tumbuhan tersebut yaitu:
    1.daun yang tebal dan kaku.
    2.Daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau tua dengan
    motif atau pola tertentu.
    4. Batang berbentuk rizoma.
    5. Akar berserabut.

    Perbedaan ketiga tumbuhan tersebut yaitu:
    1.Warna hijau yang tidak seragam.
    2. Panjang dan lebar daun tidak sesuai.

    Yang menyebabkan perbedaan ketiga tanaman tersebut adalah
    adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  43. Nurul Afni Aulia
    X MIPA 6

    setelah saya mengamati ketiga tanaman tersebut dapat di ambil kesimpulannya yaitu ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun berbeda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan sansivera atau biasa di sebut lidah mertua tersebut persamaanya yaitu :
    -daun mengandung air
    -daun tebal dan kaku
    -daun berwarna hijau dengan pola yang berbeda atau dengan pola tertentu
    -akar serabut
    -dan batang yang berbentuk rizhoma

    namun di antara persamaan diatas terdapat juga perbedaan antara ketiga tanaman tersebut yaitu :
    -panjang dan lebar daun yang tidak sama dan juga warna daun yang tidak seragam

    yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya

  44. Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan Sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.
    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Daun tebal dan kaku
    2. Daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4. Batang berbentuk rhizoma
    5. Akar serabut
    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam
    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  45. Setelah saya mengamati dengan cermat dan teliti,berdasarkan ciri-ciri tanaman ketiga di atas merupakan tanaman yang sejenis,namun beda varietasnya karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan sansevieria tersebut.
    Dari ketiga tanama tersebut memiliki persamaan dan perbedaan yaitu:
    A. Persamaan
    – Daun tebal dan kaku
    – Daun mengandung
    air
    – Daun berbentuk runcing
    B.perbedaan
    -panjang dan lebar daun
    yang tidak seragam
    -memiliki daun warna hijau
    yang tidak seragam
    -pola daun yang berbeda-
    beda
    Yang menyebabkan perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan verietas lainnya.

  46. Nama : Jofandry Halike
    Kelas : X MIPA 6

    Berdasarkan hasil penelitian atau pengamatan saya, ketiga tanaman tersebut merupakan jenis tanaman yang sama yaitu jenis tanaman Sansevieria atau lidah mertua,maka berdasarkan ciri- cirinya bahwa tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan yang sejenis tetapi berbeda varietas. Karena ada
    keanekaragaman tingkat genetika pada tumbuhan sansevieria tersebut.
    Sansevieria (lidah mertua) sendiri merupakan marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh sekalipun kondisinya yang sedikit air dan cahaya matahari. Umumnya tanaman jenis Sansevieria memiliki ciri-ciri daun yang keras sukulen, tegak, dengan ujung daun yang meruncing

    Di antara ketiga tumbuhan tersebut terdapat persamaan yaitu sebagai berikut :
    a) .Daun yang keras,sukulen, tebal dan kaku, dan ujung daun yang meruncing
    b) .Daun mengandung air
    c) . Daun berwarna hijau tua dengan
    motif atau pola tertentu.
    d) . Batang berbentuk rhizoma.
    e) . Akar berserabut.

    Adapun perbedaan antara ketiga tumbuhan tersebut yaitu:
    a) . Memiliki daun dengan variasi beragam, motif alur yang bervariasi dan garis-garis pada daun yang bervariasi (tidak seragam)
    b). Panjang dan lebar daun tidak sesuai (seragam) atau bentuk daun pada ketiga tanaman tersebut memiliki perbedaan di bentuk daun ada yang mempunyai daun yang sangat lebar ada juga yang memiliki daun yang ramping.

    Yang menyebabkan perbedaan ketiga tanaman tersebut adalah
    adanya perbedaan genetika (keturunan) antara satu varietas dengan varietas lainnya, biasanya hal ini terjadi karena adanya keturunan yang merupakan hasil persilangan (hibridisasi) antara varietas yang satu dan lainnya.

  47. Setelah saya mengamati beberapa jenis tumbuhan di atas, tumbuhan di atas adalah Sansivera atau lidah mertua, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.
    persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Daun mengandung air
    2. Memiliki daun yang tebal dan kaku
    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4. Akar serabut
    5. Batang berbentuk Rhizoma
    perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam
    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  48. menurut pengamatan saya dan tambahan reverensi dari google saya menyimpulkan bahwa:
    Keanekaragaman hayati memiliki tiga tingkatan yaitu tingkat gen, tingkat spesies dan tingkat ekosistem.
    1.) jenis tumbuhan tersebut adalah Sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    2.)*Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Daun tebal dan kaku
    2. Daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4. Batang berbentuk rhizoma
    5. Akar serabut
    *Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    3.)Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  49. Nama : Sabdo.N
    X MIPA 6

    Jawaban :
    Keanekaragaman hayati memiliki tiga keanekaragaman yaitu keanekaragaman gen, spesies dan ekosistem.
    Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan tersebut saya menyimpulkan :
    berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman,tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.
    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman tersebut yaitu:

    1. Daun tebal dan kaku
    2. Daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4. Batang berbentuk rizoma
    5. Akar serabut
    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman tersebut yaitu:
    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam.

    Dan,Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

    Dalam pengertian botani varietas adalah suatu peringkat taksonomi sekunder di bawah spesies. Peringkat sekunder lain di bawah spesies adalah forma. Suatu varietas menunjukan penampilan yang khas berbeda dari varietas lain, tetapi akan bersilang dengan bebas terhadap varietas lainnya.
    Perbedaan ciri-ciri yang mencakup bentuk, penampilan serta sifat pada individu dalam satu spesies itulah yang dinamakan variasi. Variasi ditimbulkan oleh perbedaan struktur dan susunan gen (genotip). Sifat-sifat individu yang tampak dan dapat dikenali dari luar disebut fenotip. Individu dalam satu spesies yang menunjukkan perbedaan ciri-ciri disebut varietas. Keanekaragaman hayati mencakup keanekaragaman tingkat gen, jenis, dan ekosistem.

    Jadi kesimpulannya adalah:
    berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis(sama) namun beda varietas karena ada keanekaragaman,tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut

  50. Nama : Sabdo.N
    X MIPA 6
    Rabu 23 September 2020

    Jawaban :
    Keanekaragaman hayati memiliki tiga keanekaragaman yaitu keanekaragaman gen, spesies dan ekosistem.
    Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan tersebut saya menyimpulkan :
    berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman,tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.
    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman tersebut yaitu:

    1. Daun tebal dan kaku
    2. Daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4. Batang berbentuk rizoma
    5. Akar serabut
    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman tersebut yaitu:
    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam.

    Dan,Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

    Dalam pengertian botani varietas adalah suatu peringkat taksonomi sekunder di bawah spesies. Peringkat sekunder lain di bawah spesies adalah forma. Suatu varietas menunjukan penampilan yang khas berbeda dari varietas lain, tetapi akan bersilang dengan bebas terhadap varietas lainnya.
    Perbedaan ciri-ciri yang mencakup bentuk, penampilan serta sifat pada individu dalam satu spesies itulah yang dinamakan variasi. Variasi ditimbulkan oleh perbedaan struktur dan susunan gen (genotip). Sifat-sifat individu yang tampak dan dapat dikenali dari luar disebut fenotip. Individu dalam satu spesies yang menunjukkan perbedaan ciri-ciri disebut varietas. Keanekaragaman hayati mencakup keanekaragaman tingkat gen, jenis, dan ekosistem.

    Jadi kesimpulannya adalah:
    berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis(sama) namun beda varietas karena ada keanekaragaman,tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut

  51. Hasil pengamatan dan identifikasi saya yaitu

    1.lewat ciri cirinya ketiga tanaman tersebut dia sejenis yaitu Sansiviera(kelompok lidah mertua)hanya saja dia berbeda bentuk /variasi(varietasnya)disebabkan keragaman yang berada pada tingkat gen nya(Keanekaragaman gen)
    2.Ya,terdpat persamaan dan perbedaan nya karena dia satu jenis namun beda varietas.
    Ini persamaannya adlah berikut;
    A)Daun tebal dan kaku
    B)Daun mengndung air
    C)Daun berwarna hijau dengan pola tertentu.
    D)Batang berbentuk rhizoma
    E)Akrnya Serabut.
    Berikut perbedaan nya yakni;
    A)Warna Hijau yang tidak seragam.
    B)Panjang dan lebar daun tidak seragam.
    C)Bentuknya pun berbeda beda ada yang panjang, ad yg sedang, dan yang pendek.
    3.Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan paada tanaman tersebut adlah perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya

  52. Setelah saya cermati, ketiga tanaman tersebut merulakan tanaman jenis sansivera atau lidah mertua, tanaman tersebut terdapat persamaan seperti daun tebal dan kaku, daun mengandung air, daun berwarna hijau dengan pola tertentu, batang berbentuk rhizoma, dan akar serabut. Terdapat juga perbedaan seperti warna hijau yang tidak seragam dan panjang dan lebar daun yang tidak seragam. Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  53. Keanekaragaman hayati memiliki tiga tingkatan yaitu tingkat gen, tingkat spesies dan tingkat ekosistem.

    Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan Sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Daun tebal dan kaku

    2. Daun mengandung air

    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu

    4. Batang berbentuk rhizoma

    5. Akar serabut

    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Warna hijau yang tidak seragam

    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  54. Menurut hasil pengamatan dan identifikasi saya:
    1. Tenaman-tanaman tersebut merupakan tanaman sejenis yaitu Sansiviera(lidah mertua)hanya saja mereka berbeda bentuk/wujud (varietasnya)disebabkan keragaman yang berada pada tingkat gen nya(Keanekaragaman gen)
    2. Pada ketiga tanaman tersebut terdapat beberapa persamaan dan perbedaan yaitu:
    persamaannya adlah berikut;
    -Daun tebal dan kaku
    -Daun mengndung air
    -Daun berwarna hijau dengan pola tertentu.
    -Batang berbentuk rhizoma
    -Akrnya Serabut.
    Berikut perbedaan nya yakni;
    -Warna Hijau yang tidak seragam.
    -Panjang dan lebar daun tidak seragam.
    -Bentuknya pun berbeda beda ada yang panjang, ad yg sedang, dan yang pendek.
    3.Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan paada tanaman tersebut adlah perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya

  55. Setelah saya mengamati. ketiga tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan sejenis tetapi beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut. keanekaragaman tersebut merupakan keanekaragaman individu dalam satu spesies yang terbentuk karena beberapa faktor variasi gen.
    Persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    – Daun tebal dan kaku.
    – Daun mengandung air.
    – Daun berwarna hijau dengan pola tertentu.
    – Batang berbentuk rhizoma.
    – Akar serabut.
    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.
    Perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    – Warna hijau yang tidak seragam.
    – Panjang dan lebar daun yang tidak

  56. Ya, berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.
    persamaanya yaitu:
    -Daun tebal dan kaku
    -Daun mengandung air
    – Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    – Batang berbentuk rhizoma
    -Akar serabut

    Terdapat juga perbedaan antara ketiga tanaman tersebut yaitu:
    -Warna hijau yang tidak seragam
    -Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  57. Ya, ketiga tanaman tersebut Sejenis karena dari bentuknya sudah jelas dan dari ciri-cirinya pun sudah jelas bahwa ketiga tanaman tersebut sejenis namun yg berbeda di varietas karena ada keragaman tingkat gen pada Tanaman tersebut.
    Ya, terdapat persamaan maupun perbedaan pada ketiga jenis tanaman tersebut.
    Apa yang membedakannya , yakni perbedaan antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  58. maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Daun tebal dan kaku
    2. Daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4. Batang berbentuk rhizoma
    5. Akar serabut
    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam
    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  59. Ya, ketiga jenis tanaman tersebut sama namun berbeda varietas karena ada keragaman tingkat gen pada tumbuhan tersebut.
    Ya, ada persamaan maupun perbedaan nya
    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yakni perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  60. Ya, ketiga jenis tanaman tersebut sama namun berbeda varietas karena ada keragaman tingkat gen pada tumbuhan tersebut.
    Ya, ada persamaan maupun perbedaan nya
    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yakni perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  61. Setelah saya mengamati. ketiga tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan sejenis tetapi beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut. keanekaragaman tersebut merupakan keanekaragaman individu dalam satu spesies yang terbentuk karena beberapa faktor variasi gen.
    Persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    – Daun tebal dan kaku.
    – Daun mengandung air.
    – Daun berwarna hijau dengan pola tertentu.
    – Batang berbentuk rhizoma.
    – Akar serabut.
    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.
    Perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    – Warna hijau yang tidak seragam.
    – Panjang dan lebar daun yang tidak

  62. nama:nazwa quraini sahada
    kelas:x mipa 7

    ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    *Persamaan
    -Daun tebal dan kaku
    -Daun mengandung air
    -Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    -batang berbentuk rhizoma
    -akar serabut
    *perbedaan
    -Warna hijau yang tidak seragam
    -panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    – perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas yang lain

  63. nama:nazwa quraini sahada
    kelas:x mipa 7

    Setelah saya mengamati gambar tumbuhan tersebut, tumbuhan tersebut adalah tumbuhan sansivera atau lebih dikenal dengan nama lidah mertua, tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan sejenis tetapi berbeda varietas karena ada keanekaragaman gen pada tumbuhan sansivera tersebut.

    Ketiga tanaman sansivera tersebut memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaan ketiga tanaman sansivera atau lidah mertua tersebut yaitu:
    a). Memiliki daun yang tebal dan kaku serta mengandung banyak air.
    b). Batang tanaman tersebut berbentuk rhizoma dan memiliki akar serabut.
    Sedangkan perbedaan ketiga tanaman sansivera atau lidah mertua tersebut yaitu:
    a). Warna daun antara ketiga tanaman tersebut berbeda atau tidak sama.
    b). Serta panjang dan lebar daun tidak sama.

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut adalah perbedaan genetik antara varietas satu dengan yang lain.

  64. Setelah saya mengamati. ternyata ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    *Persamaan
    -Daun tebal dan kaku
    -Daun mengandung air
    -Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    -batang berbentuk rhizoma
    -akar serabut
    *perbedaan
    -Warna hijau yang tidak seragam
    -panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    – perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas yang lain

  65. Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Daun tebal dan kaku
    2. Daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4. Batang berbentuk rhizoma
    5. Akar serabut
    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam
    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

    Nama:Moh fauzan ramadhan m
    Kelas:x mipa 7

  66. Keanekaragaman hayati memiliki tiga keanekaragaman yaitu keanekaragaman gen, spesies dan ekosistem.
    Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan tersebut saya menyimpulkan :
    berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman,tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.
    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman tersebut yaitu:

    1. Daun tebal dan kaku
    2. Daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4. Batang berbentuk rizoma
    5. Akar serabut
    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman tersebut yaitu:
    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam.

    Dan,Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

    Dalam pengertian botani varietas adalah suatu peringkat taksonomi sekunder di bawah spesies. Peringkat sekunder lain di bawah spesies adalah forma. Suatu varietas menunjukan penampilan yang khas berbeda dari varietas lain, tetapi akan bersilang dengan bebas terhadap varietas lainnya.
    Perbedaan ciri-ciri yang mencakup bentuk, penampilan serta sifat pada individu dalam satu spesies itulah yang dinamakan variasi. Variasi ditimbulkan oleh perbedaan struktur dan susunan gen (genotip). Sifat-sifat individu yang tampak dan dapat dikenali dari luar disebut fenotip. Individu dalam satu spesies yang menunjukkan perbedaan ciri-ciri disebut varietas. Keanekaragaman hayati mencakup keanekaragaman tingkat gen, jenis, dan ekosistem.

    Jadi kesimpulannya adalah:
    berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis(sama) namun beda varietas karena ada keanekaragaman,tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut

  67. Nama:miranda claudia.H.
    Kelas: X MIPA 7
    Keanekaragaman hayati memiliki tiga tingkatan yaitu tingkat gen, tingkat spesies dan tingkat ekosistem.

    Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan Sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Daun tebal dan kaku
    2. Daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4. Batang berbentuk rhizoma
    5. Akar serabut

    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  68. Nama moh farid p
    Kls x mipa 7

    Ya, ketiga jenis tanaman tersebut sama namun berbeda varietas karena ada keragaman tingkat gen pada tumbuhan tersebut.
    Ya, ada persamaan maupun perbedaan nya
    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yakni perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  69. nama:cahya nabila
    kelas:x mipa 7
    hari/tgl:kamis, 24 september 2020

    setelah saya mengamati beberapa jenis tumbuhan Sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.
    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Daun tebal dan kaku
    2. Daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4. Batang berbentuk rhizoma
    5. Akar serabut
    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam
    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  70. Bismillahirrahmanirrahim…
    Ya, ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman sejenis
    namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    Persamaan pada ketiga tanaman tersebut adalah :
    1. Daun tebal dan kaku
    2. Daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4. Batang berbentuk rhizoma
    5. Akar serabut

    Sedangkan perbedaan pada ketiga tanaman tersebut adalah :
    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  71. NAMA : SALSA ALYA MAHARANI
    KELAS : X MIPA 7

    Setelah saya mengamati 3 jenis tumbuhan tersebut maka berdasarkan ciri cirinya ketiga gambar tersebut merupakan tumbuhan sejenis tetapi beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada ketiga tumbuhan tersebut.

    Terdapat beberapa persamaan dan perbedaan Yaitu:
    A. Perbedaan
    -warna dan ukuran yang tidak seragam
    B. Persamaan
    -daun tebal dan kaku
    -ujung daun yang runcing
    -sepertinya bisa hidup di daerah yang tandus

    Yang menyebabkan perbedaan tersebut yaitu adanya perbedaan genetika antara satu varietas dengan varietas lainnya

  72. Nama:cahya nabila
    Kelas:x mipa 7
    Hari/tgl:kamis, 24 september 2020

    Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan Sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.
    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Daun tebal dan kaku
    2. Daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4. Batang berbentuk rhizoma
    5. Akar serabut
    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam
    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  73. Nama: Praditha Nayla Djakaria
    Kelas:x mipa 7
    Hari/tgl:kamis, 24 september 2020

    Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan Sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.
    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Daun tebal dan kaku
    2. Daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4. Batang berbentuk rhizoma
    5. Akar serabut
    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam
    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  74. Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan Sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.
    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Daun tebal dan kaku
    2. Daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4. Batang berbentuk rhizoma
    5. Akar serabut
    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

  75. Nama:Wati Lahaema
    Kelas : X MIPA 7

    Setelah saya mengamati 3 jenis tumbuhan tersebut maka berdasarkan ciri cirinya ketiga gambar tersebut merupakan tumbuhan sejenis tetapi beda vaeritas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada ketiga tumbuhan tersebut

    Terdaapt beberapa persamaan dan perbedaan yaitu:

    A.perbedaan

    *Warna dan ukuran yang tidak seragam
    B.persamaan

    * Daun tebal dan kaku
    * ujung daun yang runcing
    * Sepertinya bisa hidup di daerah yang tundus

    Yang menyebabkan perbedaan tersebut yaitu adanya perbedaan genetika antara satu varietas dengan varietas dengan varietas lainnya

  76. Bismillahirrahmanirrahim…
    nama: intan Aulia h.l wongko
    kelas: X mipa7
    disini saya akan menyimpulkan berdasarkan 3jenis tanaman di atas…
    Ya, ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman sejenis
    namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    Persamaan pada ketiga tanaman tersebut adalah :
    1. Daun tebal dan kaku
    2. Daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4. Batang berbentuk rhizoma
    5. Akar serabut

    Sedangkan perbedaan pada ketiga tanaman tersebut adalah :
    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  77. Setelah saya mengamati jenis tumbuhan sansivera atau lidah mertua,maka berdasarkan ciri-ciri ketiga tanaman tetsebut merupakan tanaman yang sejenis namun bed varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan sansivera.
    Ada persamaan pada ketiga tanaman sansivera tersebut :
    1. Daun tebal dan kaku
    2.daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau denggan pola tertentu
    4. Batang berbentuk rizoma
    5. Akar Serabut
    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman sansivera yaitu :
    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam yg penyebap terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut. Adanya perbedaan genetik antara satu varietas denggan varietas lainya.

  78. Nama : Annisa singgih prameati
    Kelas : X mipa 7

    Setelah saya mengamati jenis tumbuhan sansivera atau lidah mertua,maka berdasarkan ciri-ciri ketiga tanaman tetsebut merupakan tanaman yang sejenis namun bed varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan sansivera.
    Ada persamaan pada ketiga tanaman sansivera tersebut :
    1. Daun tebal dan kaku
    2.daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau denggan pola tertentu
    4. Batang berbentuk rizoma
    5. Akar Serabut
    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman sansivera yaitu :
    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam yg penyebap terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut. Adanya perbedaan genetik antara satu varietas denggan varietas lainya.

  79. Nama : annisa singgih pramesti
    X mipa 7

    Setelah saya mengamati jenis tumbuhan sansivera atau lidah mertua,maka berdasarkan ciri ” ketiga tanaman tetsebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas Karna ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan pada sansivera
    Ada persamaan pada ketiga tanaman sansivera tetsebut yaitu:
    1.daun tebal dan kaku
    2.daun mengandung Air
    3.daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4.batang berbentuk rhizoma
    5.akar serabut
    terdapat perbedaaan ketiga tanman sansivera yaitu :
    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang lebar dan daun tidak seragam yang penyebap berbedaan pada tanaman tetsebuat adany perbedaan genetika antara satu varietas dengan varietas lainya

  80. Ya, ketiga jenis tanaman tersebut sama namun berbeda varietas karena ada keragaman tingkat gen pada tumbuhan tersebut.
    Ya, ada persamaan maupun perbedaan nya
    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yakni perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  81. 3 Tumbuhan yang ada di sekitar kita yang memiliki manfaat
    1. Tumbuhan pandan : daun nya sebagai pewarna alami dan pengharum dan juga sebagai makanan hewan seperti kambing dan sapi.

    2. Tumbuhan Kedelai : dapat dijadikan bahan tempe dan juga makanan bagi unggas.  

    3. Tumbuhan cabe :digunakan sebagai bahan makanan dan juga bahan pengobatan.
    2 hewan di sekitar yang memiliki manfaat
    1. Ayam. : Sumber protein, bahan konsumsi makanan Habitat
    2.Cacing tanah : Sebagai protein sangat tinggi bisa menjadi bahan baku obat seperti types dan lain lain.

  82. Nama:Michael Galuanta
    Kelas:X MIPA 6

    Tuliskan 3 jenis tumbuhan,tentukan pula manfaat dan nilai pemanfaatan nya :
    1.Tumbuhan Kubis : sebagai makanan makhluk hidup serta anti kanker, mengobati penyakit kulit, memperlancar pencernaan.
    2.Tumbuhan jati : daun nya untuk dimakan hewan dan kayu nya dimanfaatkan manusia untuk bahan industri perabot rumah tangga seperti meja,kursi,lemari.
    3.Tumbuhan Kelapa : daging buah nya bisa untuk di konsumsi mahluk hidup.Pelepah nya untuk pembuatan rumah, jembatan dan sebagainya.

    Tuliskan 2 jenis hewan dan tentukan manfaat dan nilai pemanfaatannya:
    1.Burung :
    Untuk peliharaan, membantu penyerbukan, membantu penyebaran tanaman, sebagai hiburan karena suara yang merdu dan bulu yang indah.
    2.Anjing:
    Untuk penjaga rumah dan ternak, membantu menggembala, membantu polisi dan membantu berburu.

  83. Nama:NURUL AFNI AULIA
    Kelas:X MIPA 6
    tumbuhan :
    1. lidah buaya manfaatnya untuk menghaluskan rambut
    2. sereh manfaatnya untuk penyedap masakan
    3. pandan manfaatnya daunnya sebagai pewarna alami dan pengharum

    Hewan:
    1. kelinci sebagai hewan peliharaan
    2. kucing sebagai hewan peliharaan

  84. Nama:Mey celin Batunemo
    Kelas:X Mipa 6

    Tulisakan 3 jenis tumbuhan, tentukan pula manfaat dan nilai pemanfaatan nya:
    1.Tumbuhan pisang: dari buah, jantung dan batangnya bisa untuk dimakan makhluk hidup dan digunakan sebagai olahan bahan obat.
    2. Tumbuhan cabe: digunakan sebagai bahan makanan dan juga bahan pengobatan
    3. Tumbuhan pandan: daun nya sebagai pewarna alami dan pengharum dan juga sebagai makanan hewan seperti kambing dan sapi.

    Tulisakan 2 jenis hewan dan tentukan manfaat dan nilai pemanfaatannya:
    1. Ayam:
    Untuk di ambil daging, telur, dan bulu untuk kemoceng, untuk peliharaan dan hiburan karena beberapa jenis ayam memiliki suara yang merdu .
    2. Sapi:
    Untuk di ambil daging, susu, dan kulitnya sebagai hiasan, kerupuk, dan untuk membuat tas, sepatu, sabuk, bedug, dan jaket.

  85. Nama =Grace
    Kelas= X Mipa 6
    Jawabn tugas saya adalh berikut;

    1.Tumbuhan dan pemmfaatannya serta nilai pemanfaatannya
    A.Lidah buaya
    1.sebagai obat penyembuhan luka bakar,ini sangat baik dan membantu.
    2.Sebagai obat juga untuk menurunkan kadar gula,bagi orang” yg memiliki penyakit gula,ini baik untuk di konsumsi dan d mamfaatkn.
    3.Untuk kecantikan yaitu lidah buaya dapat menjadi masker wajah dan pengencangan kulit wajah☺
    B.Bunga Dolar(Daun)
    1.sebagai obat Antibakteri
    2.sebagai obat untuk proses penyembuhan Diare
    3.Dan Antioksidan.👌
    C.Daun Pandan
    1.sebagai obat untuk mengatasi kanker
    2.Dan juga Menetralkan Racun yang ad di tubuh kita
    3.serta sebagai penyedap rasa(rempah) dan baunya yg harum dan wangi di jadikan sebagai terapi dan pengharum makanan atau kue🙂

    2.Hewan dan pemanfaatannya serta nilai pemanfaatannya.
    A. Anjing
    1.Dapat menghilangkan Rasa kesepian,Stress,dan Depresi dlm diri manusia
    2. Sebagai penjaga rumah yang setia.
    3.Dalam kesehatan untuk olahraga Anjing dapat membuat kita Fit dan Aktif serta dpt menurunkan berat badan kita.
    4.Dan Juga Dagingnya di mamfaatkan sebagai bahan pangan manusia yg di olah menjadi banyk variasi resep.makanan.👌
    B.Ayam
    1.sumber makanan karena Daging dan telurnya sangat bermamfaat bagi kita.
    2.Daginya juga dapat jdi obat dlam kesehatan yakni
    -mengurangi gejala PMS,dan mengatur kadar Kolestrol serta
    Menghilangkan atau membuang racun dalam Tubuh kita.🙂

    Demikian pak Tugas saya Terima kasih🙏

  86. Nama: Akram Gafar Daud
    Kelas: X MIPA 6

    Tuliskan 3 jenis tumbuhan,tentukan pula manfaat dan nilai pemanfaatan nya :
    1. Tumbuhan pisang: dari buah, jantung dan batangnya bisa untuk dimakan makhluk hidup,daun nya juga bisa digunakan untuk membungkus berbagai makanan dan digunakan sebagai olahan bahan obat.

    2. Pandan: daun bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami dan pengharum dan juga sebagai makanan hewan seperti kambing dan sapi.

    3. Sirih: daun nya bisa menghilangkan bau mulut dan bisa dimanfaatkan untuk produk kecantikan

    Tuliskan 2 jenis hewan dan tentukan manfaat dan nilai pemanfaatannya:

    1. Ayam: Untuk di ambil daging, telur, dan bulu untuk kemoceng, untuk peliharaan dan hiburan karena beberapa jenis ayam memiliki suara yang merdu

    2. Kucing : sebagai hewan peliharaan

  87. Nama : Revalen prisilia magasa
    Kelas : X MIPA 6
    1.Tuliskan 3 jenis tumbuhan , tentukan pula manfaat dan nilai pemanfaatnya
    Jawaban.
    1. Seledri : Penyedap masakan, Obat Alami, Sumber vitamin A, dan Zat Besi.
    2. Kedelai : Antioksidan, Pencegah Kanker.
    3. Cabai : Penghangat suhu tubh, Membantu dalam membakar lemak.

    2.tuliskan 2 jenis hewan dan tentukan manfaat dan nilai manfaatnya
    1. Kambing.
    Untuk diambil daging, susu, dan kulitnya sebagai hiasan dan membuat kendang.
    2. Kuda.
    Untuk diambil daging, susu, dan kulitnya sebagai hiasan, kerupuk, dan untuk membuat tas dan jaket.

  88. Nama:Zefanya Trianda Patricia
    Kelas: X MIPA 6

    Tuliskan 3 jenis tumbuhan tentukan manfaat dan nilai pemanfaatannya:
    1.Tumbuhan Palem: sebagai tanaman hias,menahan erosi,dan mered getaran,Tumbuhan ini mampu menyerap polusi sehingga dapat meningkatkan kualitas di udara sekitarnya.
    2.Tumbuhan Aglonema: sebagai penghias rumah,karena memiliki variasi warna,bentuk,corak yang cantik untuk menghias dekorasi rumah.
    3.Tumbuhan serei: dapat mengusir batuk,menyembuhkan terkilir,sebagai pelengkap berbagai masakan,dan juga sebagai pengusir nyamuk.

    Tuliskan 2 jenis hewan,tentukan manfaat dan nilai pemanfaatannya:
    1.Anjing: sebagai penjaga rumah,anjing juga diyakini dapat mengelola,merawat,dan mencegah berbagai penyakit,dan membantu polisi untuk melacak dan berburu.
    2.Kelinci: sebagai obat penyakit asma,baik untuk jantunh,dan memperbaiki metabolisme tubuh,kotorannya dapat dijadikan pupuk,bulu kelinci dapat dijadikan bahan baku fashion.

  89. Nama: Natasya langkumo kelas: X MIPA 6
    Tugas: mengamati manfaat dan nilai pemanfaatan tumbuhan dan hewan yg ada di sekitar
    1. A.Tumbuhan lidah buaya:
    – manfaatnya: obat untuk penyembuhan luka luar,mengatasi iritasi pada kulit, mengobati jerawat,melembabkan kulit,mencegah keriput,dll.
    – nilai pemanfaatan: di gunakan untuk kesehatan dan kecantikan
    B. Tumbuhan sambung nyawa ( daun dewa )
    – manfaatnya: digunakan sebagai lalapan, menurunkan tekanan darah, mengobati diabetes, mencegah kanker, mencegah malaria,dll.
    – nilai pemanfaatan: sebagai bahan makanan dan kesehatan
    C. Tumbuhan sereh
    – manfaatnya: sebagai rempah makanan, dapat meringankan radang tenggorokan, sebagai obat untuk mengurangi demam tinggi, memiliki sifat Anti jamur,dll.
    – nilai pemanfaatan: sebagai rempah dan untuk kesehatan.

    2. A. Hewan kucing
    Manfaatnya:Mengurangi Stres dan Kecemasan,Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Serangan Jantung,
    Menurunkan Tekanan Darah Tinggi,
    Meningkatkan Kekebalan Tubuh,
    Manfaat Terapeutik,
    Membantu Penyembuhan Lebih Cepat,
    Meningkatkan Kualitas Tidur
    Nilai pemanfaatan: sebagai hewan peliharaan
    B. Hewan Anjing
    – manfaat nya:Memperbaiki kesehatan,Membuat fit dan aktif,Membantu menurunkan berat badan,Meningkatkan kehidupan sosial,Mengurangi stres,Menghilangkan sepi,Mencegah depresi
    – nilai pemanfaatan: sebagai hewan peliharaan

  90. 3 jenis tumbuhan :
    1. asam jawa: manfaat asam jawa untuk kesehatan tubuh yaitu memperlancar pencernaan,bl bersifat antiradang dan berpotensi mengurangi nyeri, mampu mengontrol diabetes, mempercepat penyembuhan luka, kaya antioksidan, juga bersifat antibakteri, menjaga kesehatan jantung. selain itu dapat diolah juga menjadi permen, daging buah asam jawa dan bahan baku pembuatan obat-obatan herbal.
    2. kelapa : manfaat pohon kelapa bagi manusia yaitu pada akarnya dipercaya mampu mencegah banjir, batangnya bisa digunakan sebagai bahan konstruksi,daunnya menjadi alternatif pembuatan atap, Buahnya menjadi bagian penting yang semuanya bermanfaat yakni air kelapa, daging kelapa, tempurung maupun sabut kelapa,bunganya sebagai bahan pembuatan cuka dan alkohol. Kelapa juga dapat diolah menjadi, Minyak kelapa yang bersal daribuah kelapa dan digunakan sebagai bahan baku industri atau sebagai minyak goreng dan Nata de coco adalah krim yang berasal dari air kelapa.
    3. bayam : bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, menguatkan tulang, otot, dan sendi, menurunkan berat badan,meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi sembelit, melancarkan sistem pencernaan,mencegas diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi. Akar tunggang bayam juga dimanfaatkan sebagai obat. biasanya bayam digunakan oleh masyarakat sebagai salah satu alternatif memenuhi kebutuhan hidup.

    2 jenis hewan :
    1. kucing : maanfaat memelihara kucing bagi manusia yaitu dapat menghilangkan stress, mencegah penyakit jantung, meminimalisir terserang penyakit stroke, mengatasi rasa kesepian, menunjukkan kepribadian seseorang.
    2. burung : manfaatnya yaitu kicauannya membuat rileks, menurunkan stress, menjaga kesehatan mata, mengembangkan motorik, meningkatkan hubungan sosial. Burung dapat memiliki nilai yang tinggi. manfaatnya bagi pemilik dapat memberikan penghasilan tambahan, seperti mengikuti kontes burung.

  91. Nama : JOFANDRY HALIKE
    Kelas : X MIPA 6

    1. Jenis tumbuhan di sekitar rumah manfaatnya serta nilai pemanfaatannya.
    Jenis tumbuhan yang ada di sekitar rumah saya yaitu Kunyit Putih, Daun Gedi Merah, dan Lidah buaya.
    – Kunyit Putih
    Kunyit Putih mempunyai banyak manfaat, antara lain sebagai berikut :
    1) Mencegah terjadinya penyakit Kanker dan membantu untuk menghambat penyebaran kanker dari satu organ ke organ lainnya.
    2) Mengobati penyakit maag (meredakan penyakit maag)
    3) Dapat membantu gangguan pencernaan
    4) Dapat meredakan peradangan dan nyeri
    5) Antibakteri
    6) Dapat digunakan sebagai rempah rempah untuk kebutuhan memasak
    7) Dapat membantu meredakan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi)
    Dan nilai pemanfaatannya di bidang kesehatan dan juga sebagai rempah rempah atau sebagai bahan makanan.

    – Daun Gedi Merah
    Berikut manfaat dari Daun Gedi Merah:
    1) Membantu mengatasi penyakit Ginjal
    2) Mencegah penyakit Jantung
    3) Dapat membantu penyakit kanker
    4) Sebagai anti bodi
    5) Dan daunnya dapat mengobati luka
    Dan nilai pemanfaatannya adalah di bidang kesehatan.

    – Lidah Buaya
    Lidah Buaya juga mempunyai banyak manfaat antara lain sebagai berikut:
    1) Dapat merawat rambut dan kulit kepala
    2) Dapat mengurangi (mengobati) jerawat
    3) Sebagai obat diabetes
    4) Dapat menyembuhkan luka bakar
    5) Dapat merawat kulit dan mencegah keriput pada wajah
    6) Dapat membantu melawan penyakit kanker payudara
    7) Sebagai obat untuk menyembuhkan sariawan
    Dan nilai pemanfaatannya untuk bidang kesehatan dan juga di bidang kecantikan.

    2. Jenis hewan yang ada di sekitar rumah dan manfaatnya serta nilai pemanfaatannya.
    Jenis hewan yang ada di sekitar rumah saya adalah ayam dan kucing.
    – Ayam
    Ayam adalah salah satu hewan yang biasa di temui baik di sekitar rumah maupun di peternakan, ayam juga mempunyai banyak sekali manfaat yaitu sebagai berikut:
    1) Daging dari ayam dapat di olah dan dikonsumsi oleh manusia
    2) Telurnya dapat di ambil untuk dijadikan sebagai bahan makanan yang dapat di makan oleh manusia.
    3) Dagingnya dapat mengatur kadar kolesterol di dalam tubuh dan dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.
    4) Daging ayam juga mempunyai banyak vitamin antara lain vitamin A, vitamin D, Vitamin K dan lainnya.
    Dan nilai pemanfaatannya adalah ayam dapat digunakan sebagai hewan peternakan.

    – Kucing
    Manfaat kucing yaitu sebagai berikut :
    1) Dapat menghilangkan stress karena kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan
    2) Dapat membuat tidur lebih nyenyak
    Dan nilai pemanfaatannya yaitu sebagai hewan peliharaan.

  92. Tumbuhan:
    1.pohon pisang manfaatnya di batang pohon pisang sebagai obat pengontrol kolestrol dan tekanan darah
    2.gersen manfaatnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan pencernaan
    3.tmbhan kelapa manfaatnya air dari buah kelapa dapat untuk melawan diabetes

    Hewan:
    1.kucing sebagai hewan peliharaan
    2.merpati manfaatnya di daging nya sangat baik jika di konsumsi,karena sangat bermanfaat bagi tubuh dalam menjaga kesehatan, organ tubuh dan darah

  93. Nama : Noprilia Timbalae
    Kelas : X MIPA 6

    A.tumbuhan :
    1.pandan : tumbuhan ini digunakan
    sebagai pewarna alami dan
    penambah cita rasa dalam
    makan karna aromanya yang
    harum
    2. Pepaya : tumbuhan in memiliki
    buah yang berwarna oranye
    cerah dan rasanya yang manis
    dan jika dimakan akan terasa
    lembut dimulut
    3. Pisang : tanaman ini kaya akan
    vitamin dan serat dan dibalik
    kelezatan buah berwarna hijau
    saat mentah dan kuning saat
    matang, pisang memiliki
    segudang nutrisi yang
    bermanfaat bagi kesehatan
    tubuh
    B. Hewan
    1. Sapi : sapi adalah sumber kaya
    protein yang berkualitas tinggi
    dan berbagai vitamin dan
    mineral.protrin daging sapi
    sangat bergizi dan dapat
    meningkatkan pemeliharaan dan
    pertumbuhan tubuh
    2. Ayam : hewan in memiliki
    manfaat yang banyak .dagingny
    adalah sumber pangan bagi
    masyarakat Indonesia bahkan
    dunia luar

  94. 1.Tuliskan 3 jenis tumbuhan di sekitar rumahmu tentukan pula manfaat dan nilai pemanfaatan.

    *Pohon pisang juga digunakan untuk mengatasi peradangan (inflamasi), nyeri, dan gigitan ular berbisa. Akar Pisang Raja mengandung aucubin (senyawa glikosida) yang bertindak sebagai antiperadangan, antihistamin, antireumatik, antiseptik, antivirus, sedatif (penenang). 

    * Pohon kelapa punya berbagai manfaat untuk manusia.
    Mulai dari daunnya yang bisa dianyam menjadi kulit ketupat hingga dianyam pada bambu untuk dimanfaatkan sebagai atap.
    Buah dari pohon kelapa juga bisa menjadi minuman yang sehat dan menyegarkan, lo, yang diambil dari air kelapa dan daging buahnya.

    *cabai terkenal bisa meringankan stres dan mengatasi pilek serta sariawan. 
    1. Membunuh sel kanker
    2. Melancarkan pencernaan
    3. Meningkatkan kinerja otak
    4. Menghilangkan stres
    5. Mencegah obesitas dan membantu menurunkan berat badan.

    2.Tuliskan 2 jenis hewan di sekitar rumahmu tentukan pula manfaat dan nilai pemanfaatan.
    *Kucing
    Kucing merupakan teman yang baik yang bisa Membantu menurunkan kadar stress dan juga
    Membantu tubuh kita bergerak untuk bermain dengannya
    *Burung kicauan
    Memelihara burung ternyata memiliki dampak bagi orang yang melakukannya. Berikut ini manfaat memelihara burung :Kicauan burung membuat rileks,Membawa keberuntungan,dan Meningkatkan hubungan sosial.

  95. Nama : Sabdo nurulloh
    Kelas : x MIPA 6
    A.| Tulis 3 Jenis tumbuhan di sekitar rumahmu tentukan pula manfaat dan nilai pemanfaatannya.

    Jawaban : “(Kumis Kucing). Tanaman ini,dikenal memiliki zat anti radang dan memiliki banyak khasiat sehingga banyak digunakan untuk menyembuhkan dan meredakan berbagai penyakit. Antara lain yaitu : melancarkan saluran kemih, mengobati rematik, asam urat, batuk, diabetes, hipertensi, gusi bengkak, serta meringankan luka di kulit.
    Bagian yang dimanfaatkan dari kumis kucing untuk menyembuhkan masuk angin dan sakit pinggang adalah daunnya. Cara mengolah daun kumis kucing ini pun cukup mudah. Anda tinggal merebus beberapa helai daun pada air secukupnya, lalu diminum. Selain bermanfaat, bunganya yang cantik juga cocok untuk ditanam di pekarangan rumah.

    “(Jahe)”
    Manfaat jahe bukan hanya sebagai tumbuhan yang bisa menghangatkan tubuh saja.Terkenal karena aromanya yang khas, jahe dijadikan bahan masakan sekaligus pengobatan alternatif di Cina, India, hingga Timur Adapun beberapa manfaat jahe sebagai berikut :
    1. Mengatasi masalah pencernaan
    2. Mengurangi mual
    3. Mengurangi rasa sakit
    4. Membantu proses detoksifikasi dan mencegah penyakit kulit.
    5.Melindungi Anda dari kanker
    6. Sebagai Anti peradangan.

    Tidak hanya itu, jahe pun telah terbukti mampu menghambat stres oksidatif (bentuk penuaan seluler), memiliki sifat anti-inflamasi, menurunkan kadar kolesterol serta tekanan darah. Bahkan, jahe bisa mengurangi aterosklerosis, yaitu penumpukkan lemak berbahaya di pembuluh darah arteri.

    “(Terong)”
    Terong merupakan salah satu jenis sayur yang memiliki rasa yang lezat. Karena tekstur dagingnya yang unik membuat terong mudah diolah menjadi berbagai macam makanan yang enak dan bergizi.Berbagai macam vitamin dan mineral yang terkandung dalam terong antara lain vitamin A, vitamin E, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B9, vitamin B12, vitamin K, kalsium, zat besi, kalium, sodium, fosfor, mangan, dan zinc. Yang menarik lagi, kulit terong juga mengandung pigmen antosianin yang merupakan jenis antioksidan. Jadi tidak heran bila terong menjadi bahan makanan yang sering dipakai, misalnya untuk diolah menjadi berbagai hidangan makanan.

    Manfaat Terong antara lain :
    1. Terong dapat mengendalikan kadar gula darah.
    2. Terong dapat membantu mengendalikan kolesterol dalam tubuh.
    3. Terong aman bagi kesehatan jantung.
    4. Terong dipercaya dapat mencegah kanker.
    5. Nutrisi terong berguna untuk otak.
    6. Terong lalap cocok untuk membantu diet.
    7. Terong baik untuk kesehatan kulit.
    8. Terong dapat mencegah osteoporosis.
    9. Terong membantu mengendalikan asam lambung.
    10. Terong dapat menurunkan resiko kebutaan.dan,
    11. Terong juga dapat mencegah anemia.

    *Pengolahan yang baik akan berdampak pada hasil yang optimal.
    *Semua tumbuhan bermanfaat hanya saja cara mengolahnya yang mungkin salah.

    B.| Tulis 2 Jenis hewan di sekitar rumahmu tentukan pula manfaat dan nilai pemanfaatannya.

    “(Anjing)”
    Kebanyakan orang enggan memiliki hewan peliharaan di rumah seperti anjing karena berbagai hal. Misalnya malas mengurusnya atau takut risiko penyakit seperti alergi. Padahal, memiliki hewan peliharaan di rumah juga bisa memberikan beragam manfaat yaitu : anjing dapat menjadi teman yang setia dikala kita senang ataupun sedih. sehingga ketika kita sedang sedih atau frustrasi Kemungkinan kita akan menjadi depresi akan sangat kecil karena telah ditemani oleh seekor hewan peliharaan yang lucu dan imut.
    Selain itu dengan memiliki hewan peliharaan.kita akan menjadi rajin dengan sendirinya karena hewan seperti anjing tergolong hewan yang pintar sehingga ia dapat meminta makanan kepada tuannya ketika lapar dan yang terpenting anjing ini dapat dilatih untuk melakukan berbagai hal sehingga anda tidak terus menerus merasa bosan setelah memelihara anjing.

    Dan yang terpenting anjing adalah hewan yang sangat cocok untuk anda yang sering di tinggal pergi oleh orang tua, karena anjing punya perasaan sayang yang tinggi sehingga ia akan melindungi anda dari ancaman apapun dan dengan resiko apapun.oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita memilih untuk memelihara anjing karena manfaat yang akan kita dapatkan akan sangat banyak.

    “(Ayam)”
    Masyarakat di berbagai kawasan biasanya memelihara ayam di pekarangan rumahnya.karena ayam memiliki manfaat seperti : 1.sebagai bahan makanan karena danging ayam mengandungnutrisi seperti protein yang tinggi yakni sebesar 18 gram dalam 100 gram daging ayam. Namun, kandungan daging ayam tidak hanya sebatas protein saja.
    Sejumlah nutrisi seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, juga beberapa vitamin. Vitamin pada kandungan daging ayam seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin D, vitamin B-12, vitamin A, vitamin K, folat, juga riboflavin dan niacin.
    Untuk kadar kalori daging ayam memang tinggi. Pada 100 gram daging ayam terdapat 302 kalori yang dihasilkan. Kadar kalori ini bagus untuk menambah jumlah energi dalam tubuh.
    Selain itu memelihara ayam juga dapat mengisi waktu luang anda dan mengurangi stress akibat pekerjaan.

  96. 3 jenis tumbuhan :
    1. asam jawa: manfaat asam jawa untuk kesehatan tubuh yaitu memperlancar pencernaan,bl bersifat antiradang dan berpotensi mengurangi nyeri, mampu mengontrol diabetes, mempercepat penyembuhan luka, kaya antioksidan, juga bersifat antibakteri, menjaga kesehatan jantung. selain itu dapat diolah juga menjadi permen, daging buah asam jawa dan bahan baku pembuatan obat-obatan herbal.
    2. kelapa : manfaat pohon kelapa bagi manusia yaitu pada akarnya dipercaya mampu mencegah banjir, batangnya bisa digunakan sebagai bahan konstruksi,daunnya menjadi alternatif pembuatan atap, Buahnya menjadi bagian penting yang semuanya bermanfaat yakni air kelapa, daging kelapa, tempurung maupun sabut kelapa,bunganya sebagai bahan pembuatan cuka dan alkohol. Kelapa juga dapat diolah menjadi, Minyak kelapa yang bersal daribuah kelapa dan digunakan sebagai bahan baku industri atau sebagai minyak goreng dan Nata de coco adalah krim yang berasal dari air kelapa.
    3. bayam : bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, menguatkan tulang, otot, dan sendi, menurunkan berat badan,meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi sembelit, melancarkan sistem pencernaan,mencegas diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi. Akar tunggang bayam juga dimanfaatkan sebagai obat. biasanya bayam digunakan oleh masyarakat sebagai salah satu alternatif memenuhi kebutuhan hidup.

    2 jenis hewan :
    1. kucing : maanfaat memelihara kucing bagi manusia yaitu dapat menghilangkan stress, mencegah penyakit jantung, meminimalisir terserang penyakit stroke, mengatasi rasa kesepian, menunjukkan kepribadian seseorang.
    2. burung : manfaatnya yaitu kicauannya membuat rileks, menurunkan stress, menjaga kesehatan mata, mengembangkan motorik, meningkatkan hubungan sosial. Burung dapat memiliki nilai yang tinggi. manfaatnya bagi pemilik dapat memberikan penghasilan tambahan, seperti mengikuti kontes burung.

  97. Nama : Rifalfdi
    Kelas : X Mipa 7
    Manfaat hewan bagi kehidupan manusian.
    Jenis Hewan :
    1. Kucing
    Manfaat kucing yang pertama membantu menghilangkan stres. Ketika kucing kucing, maka kita akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan kucing dan ketika otak itu akan melepas hormon oksitosin.

    Hormon oksitosin ini berfungsi untuk menciptakan rasa tenang dan rileks.

    2. Ayam
    Ayam mengandung asam amino yang disebut dengan tryptophan. Zat ini akan meningkatkan kadar serotonin di otak dan bermanfaat positif untuk memperbaiki suasana hati.

    3. Daging kambing juga penting untuk memaksimalkan fungsi otot, karena mengandung asam amino beta-alanin yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi karnosin. Karnosin sendiri merupakan substansi penting untuk fungsi otot.

    Beta-alanin ditamukan dalam daging-daging dengan protein tinggi, seperti daging kambing dan sapi.

    Karnosin level tinggi dalam otot manusia sering dikaitkan dengan penurunan tingkat kelelahan dan peningkatan performa olahraga.

    Manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia.
    Jenis Tumbuhan :
    1.Tomat
    Mencegah Kanker. Tomat adalah sumber kuat antioksidan dan vitamin C yang membantu melawan radikal bebas melawan kanker.

    2. Kunyit
    1. Meningkatkan kinerja otak
    2. Meredakan peradangan (radang tenggorokan hingga peradangan usus besar)
    3. Mengobati maag
    4. Mengatasi perut kembung
    5. Mengurangi rasa mual
    6. Meredakan nyeri haid
    7. Menurunkan berat badan

    3. Lemon
    Minum air lemon hangat di pagi hari segera setelah bangun tidur dapat membantu melancarkan pencernaan, sehingga mencegah sembelit. Menurut pengobatan Ayurveda, rasa asam lemon mampu meningkatkan kinerja sistem pencernaan.

    Manfaat lainnya dari minum air lemon hangat di pagi hari adalah meningkatkan daya tubuh Anda. Hal ini tidak lain karena lemon sangat kaya akan antioksidan, yaitu vitamin C dan bioflavonoid, yang mampu menangkal radikal bebas.

  98. Nama : nazwa sahada
    Kelas : X Mipa 7
    Manfaat hewan bagi kehidupan manusian.
    Jenis Hewan :
    1. Kucing
    Manfaat kucing yang pertama membantu menghilangkan stres. Ketika kucing kucing, maka kita akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan kucing dan ketika otak itu akan melepas hormon oksitosin.

    Hormon oksitosin ini berfungsi untuk menciptakan rasa tenang dan rileks.

    2. Ayam
    Ayam mengandung asam amino yang disebut dengan tryptophan. Zat ini akan meningkatkan kadar serotonin di otak dan bermanfaat positif untuk memperbaiki suasana hati.

    3. Daging kambing juga penting untuk memaksimalkan fungsi otot, karena mengandung asam amino beta-alanin yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi karnosin. Karnosin sendiri merupakan substansi penting untuk fungsi otot.

    Beta-alanin ditamukan dalam daging-daging dengan protein tinggi, seperti daging kambing dan sapi.

    Karnosin level tinggi dalam otot manusia sering dikaitkan dengan penurunan tingkat kelelahan dan peningkatan performa olahraga.

  99. Nama: Irman tiurang
    Kelas: X MIPA 7
    Manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia
    Jenis tumbuhan
    1.pohon kersen
    Kandungan dalam daun keren membuatnya dikenal sebagai herbal yang berkhasiat obat. Berikut ini beragam manfaat daun kersen untuk kesehatan yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi berbagai penyakit.
    2. Lemon
    Minum air lemon hangat di pagi hari segera setelah bangun tidur dapat membantu melancarkan pencernaan, sehingga mencegah sembelit. Menurut pengobatan Ayurveda, rasa asam lemon mampu meningkatkan kinerja sistem pencernaan
    3. bayam
    bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, menguatkan tulang, otot, dan sendi, menurunkan berat badan,meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi sembelit, melancarkan sistem pencernaan,mencegas diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi. Akar tunggang bayam juga dimanfaatkan sebagai obat. biasanya bayam digunakan oleh masyarakat sebagai salah satu alternatif memenuhi kebutuhan hidup.

    Manfaat hewan bagi kehidupan manusian.
    Jenis Hewan :
    1. Kucing
    Manfaat kucing yang pertama membantu menghilangkan stres. Ketika kucing kucing, maka kita akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan kucing dan ketika otak itu akan melepas hormon oksitosin.

    Hormon oksitosin ini berfungsi untuk menciptakan rasa tenang dan rileks.

    2. Ayam
    Ayam mengandung asam amino yang disebut dengan tryptophan. Zat ini akan meningkatkan kadar serotonin di otak dan bermanfaat positif untuk memperbaiki suasana hati.

  100. Moh farid p
    Kls x mipa 7

    Manfaat tumbuhan di linkungan srkitar:
    Kunyit:
    1. Meningkatkan kinerja otak
    2. Meredakan peradangan (radang tenggorokan hingga peradangan usus besar)
    3. Mengobati maag
    4. Mengatasi perut kembung
    5. Mengurangi rasa mual
    6. Meredakan nyeri haid
    7. Menurunkan berat badan

    serikaya:
    1Membantu pencernaan. …Mengurangi morning sickness. 2…Membangun saraf janin. …Menguatkan tulang dan 3mengurangi nyeri. .
    4..Membantu sistem pernapasan. 5…Menurunkan tekanan darah tinggi.
    6 …Anti peradangan.
    7Mencegah kanker.

    kelapa :
    manfaat pohon kelapa bagi manusia yaitu pada akarnya dipercaya mampu mencegah banjir, batangnya bisa digunakan sebagai bahan konstruksi,daunnya menjadi alternatif pembuatan atap, Buahnya menjadi bagian penting yang semuanya bermanfaat yakni air kelapa, daging kelapa, tempurung maupun sabut kelapa,bunganya sebagai bahan pembuatan cuka dan alkohol. Kelapa juga dapat diolah menjadi, Minyak kelapa yang bersal daribuah kelapa dan digunakan sebagai bahan baku industri atau sebagai minyak goreng dan Nata de coco adalah krim yang berasal dari air kelapa.

    Manfaat hewan di lingkungan sekitar:

    : Kucing
    Manfaat kucing yaitu sebagai berikut :
    1) Dapat menghilangkan stress karena kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan
    2) Dapat membuat tidur lebih nyenyak
    Dan nilai pemanfaatannya yaitu sebagai hewan peliharaan.
    : Ayam
    Ayam adalah salah satu hewan yang biasa di temui baik di sekitar rumah maupun di peternakan, ayam juga mempunyai banyak sekali manfaat yaitu sebagai berikut:
    1) Daging dari ayam dapat di olah dan dikonsumsi oleh manusia
    2) Telurnya dapat di ambil untuk dijadikan sebagai bahan makanan yang dapat di makan oleh manusia.
    3) Dagingnya dapat mengatur kadar kolesterol di dalam tubuh dan dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.
    4) Daging ayam juga mempunyai banyak vitamin antara lain vitamin A, vitamin D, Vitamin K dan lainnya.
    Dan nilai pemanfaatannya adalah ayam dapat digunakan sebagai hewan peternakan.

  101. Nama : moh fauzan ramadhan m
    Kelas : X Mipa 7

    Hewan :

    1.kambing
    Pada 100 gram daging kambing mengandung sekitar 258 kalori dengan 8,8 gram lemak. Dibandingkan dengan daging sapi, memiliki 217 kalori dengan 4,2 gram lemak.

    Jika dilihat angkanya, kandungan lemak pada daging kambing cenderung lebih tinggi daripada daging sapi. Namun, lemak pada daging kambing lebih mudah dipisahkan ketika proses pengolahannya.

    Daging kambing juga memiliki kandungan protein yang lebih berkualitas, sehingga tidak mudah lenyap saat dimasak. Berbeda dengan daging sapi yang kandungan proteinnya bisa hilang ketika kamu tidak memasaknya dengan cara yang tepat.

    Daging kambing juga lebih mudah dicerna dibandingkan daging sapi. Daging kambing juga memiliki kandungan folat yang lebih tinggi daripada daging sapi. Menariknya lagi, daging kambing mengandung citamin K dan D yang tidak dimiliki oleh daging sapi.

    2.ayam
    Ayam mengandung asam amino yang disebut dengan tryptophan. Zat ini akan meningkatkan kadar serotonin di otak dan bermanfaat positif untuk memperbaiki suasana hati.

    Tumbuhan:

    1.cabai
    cabai terkenal bisa meringankan stres dan mengatasi pilek serta sariawan. 
    1. Membunuh sel kanker
    2. Melancarkan pencernaan
    3. Meningkatkan kinerja otak
    4. Menghilangkan stres
    5. Mencegah obesitas dan membantu menurunkan berat badan.

    2.lemon
    Minum air lemon hangat di pagi hari segera setelah bangun tidur dapat membantu melancarkan pencernaan, sehingga mencegah sembelit. Menurut pengobatan Ayurveda, rasa asam lemon mampu meningkatkan kinerja sistem pencernaan

    3.Tomat
    Mencegah Kanker. Tomat adalah sumber kuat antioksidan dan vitamin C yang membantu melawan radikal bebas melawan kanker.

  102. Nama : Dentamira Syahwa Utomo
    Kelas : X Mipa 7

    Tumbuhan :
    1. Lidah buaya manfaatnya untuk menghaluskan rambut nilai pemanfaatannya bisa dibuat menjadi sampo
    2. Sereh manfaatnya untuk penyedap masakan nilai pemanfaatannya bisa digunakan sebagai bumbu masakan
    3. Kunyit manfaatnya untuk meredakan nyeri haid nilai pemanfaatannya dibuat menjadi minuman botol kiranti atau jamu

    Hewan :
    1. Kucing manfaatnya membantu menghilangkan stress nilai pemanfaatannya bisa menjadi hewan peliharaan
    2. Anjing manfaatnya mencegah depresi nilai pemanfaatannya bisa menjadi hewan peliharaan

  103. Nama : Nazwa Quraini Sahada
    Kelas : X Mipa 7

    Tumbuhan :
    1. Lidah buaya manfaatnya untuk menghaluskan rambut nilai pemanfaatannya bisa dibuat menjadi sampo
    2. Kayu manis manfaatnya untuk penyedap masakan nilai pemanfaatannya bisa digunakan sebagai bumbu masakan
    3. Kunyit manfaatnya untuk meredakan nyeri haid nilai pemanfaatannya dibuat menjadi jamu tradisional

    Hewan :
    1. Kucing manfaatnya membantu menghilangkan stress nilai pemanfaatannya bisa menjadi hewan peliharaan
    2. Anjing manfaatnya mencegah depresi nilai pemanfaatannya bisa menjadi hewan peliharaan

  104. NAMA: SALSA ALYA MAHARANI
    KELAS : X MIPA 7

    Tumbuhan :
    1. Lidah buaya manfaatnya untuk menghaluskan rambut nilai pemanfaatannya bisa dibuat menjadi sampo
    2. Sereh manfaatnya untuk penyedap masakan nilai pemanfaatannya bisa digunakan sebagai bumbu masakan
    3. Kunyit manfaatnya untuk meredakan nyeri haid nilai pemanfaatannya dibuat menjadi minuman botol kiranti atau jamu

    Hewan :
    1. Kucing manfaatnya membantu menghilangkan stress nilai pemanfaatannya bisa menjadi hewan peliharaan
    2. Anjing manfaatnya mencegah depresi nilai pemanfaatannya bisa menjadi hewan peliharaan

  105. Nama:miranda claudia harsun
    Kelas: X MIPA 7

    Manfaat tumbuhan di linkungan srkitar:
    Kunyit:
    1. Meningkatkan kinerja otak
    2. Meredakan peradangan (radang tenggorokan hingga peradangan usus besar)
    3. Mengobati maag
    4. Mengatasi perut kembung
    5. Mengurangi rasa mual
    6. Meredakan nyeri haid
    7. Menurunkan berat badan

    serikaya:
    1Membantu pencernaan. …Mengurangi morning sickness. 2…Membangun saraf janin. …Menguatkan tulang dan 3mengurangi nyeri. .
    4..Membantu sistem pernapasan. 5…Menurunkan tekanan darah tinggi.
    6 …Anti peradangan.
    7Mencegah kanker.

    kelapa :
    manfaat pohon kelapa bagi manusia yaitu pada akarnya dipercaya mampu mencegah banjir, batangnya bisa digunakan sebagai bahan konstruksi,daunnya menjadi alternatif pembuatan atap, Buahnya menjadi bagian penting yang semuanya bermanfaat yakni air kelapa, daging kelapa, tempurung maupun sabut kelapa,bunganya sebagai bahan pembuatan cuka dan alkohol. Kelapa juga dapat diolah menjadi, Minyak kelapa yang bersal daribuah kelapa dan digunakan sebagai bahan baku industri atau sebagai minyak goreng dan Nata de coco adalah krim yang berasal dari air kelapa.

    Manfaat hewan di lingkungan sekitar:

    : Kucing
    Manfaat kucing yaitu sebagai berikut :
    1) Dapat menghilangkan stress karena kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan
    2) Dapat membuat tidur lebih nyenyak
    Dan nilai pemanfaatannya yaitu sebagai hewan peliharaan.
    : Ayam
    Ayam adalah salah satu hewan yang biasa di temui baik di sekitar rumah maupun di peternakan, ayam juga mempunyai banyak sekali manfaat yaitu sebagai berikut:
    1) Daging dari ayam dapat di olah dan dikonsumsi oleh manusia
    2) Telurnya dapat di ambil untuk dijadikan sebagai bahan makanan yang dapat di makan oleh manusia.
    3) Dagingnya dapat mengatur kadar kolesterol di dalam tubuh dan dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.
    4) Daging ayam juga mempunyai banyak vitamin antara lain vitamin A, vitamin D, Vitamin K dan lainnya.
    Dan nilai pemanfaatannya adalah ayam dapat digunakan sebagai hewan peternakan.

  106. Nama : Leonard Ravenvil Albert
    Kelas : X MIPA 6
    No.Absen : Ke-13
    Setelah saya amati beberapa jenis tumbuhan di buku.Bedasarkan ciri-cirinya.
    Apakah ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman sejenis?
    Jawab: Ya
    Apakah terdapat persamaan dan perbedaan pada tanaman-tanaman tersebut?
    Jawab: Ya,ada.
    Persamaan
    —Memiliki daun yang tebal dan kaku
    —Mengandung air
    —Daun yang berwarna hijau dengan
    pola yang tertentu
    Pebedaan
    —Panjang dan lebar daun yang tidak
    sama
    —Corak daun yang tidak seragam
    Apa yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut?
    Jawab: Adanya perbedaan gentika anatara satu varietas dengan varietas lainya

  107. Nama : Leonard Ravenvil Albert
    Kelas : X MIPA 6
    No.Absen : Ke-13
    Setelah saya amati beberapa jenis tumbuhan di buku.Bedasarkan ciri-cirinya.
    Apakah ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman sejenis?
    Jawab: Ya
    Apakah terdapat persamaan dan perbedaan pada tanaman-tanaman tersebut?
    Jawab: Ya,ada.
    Persamaan
    —Memiliki daun yang tebal dan kaku
    —Mengandung air
    —Daun yang berwarna hijau dengan
    pola yang tertentu
    Pebedaan
    —Panjang dan lebar daun yang tidak
    sama
    —Corak daun yang tidak seragam
    Apa yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut?
    Jawab: Terdapat perbedaan gentika anatara satu varietas dengan varietas lainya

  108. Nama : Leonard Ravenvil Albert
    Kelas : X MIPA 6
    No.Absen : Ke-13
    Setelah saya amati beberapa jenis tumbuhan di buku.Bedasarkan ciri-cirinya.
    Apakah ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman sejenis?
    Jawab: Ya
    Apakah terdapat persamaan dan perbedaan pada tanaman-tanaman tersebut?
    Jawab: Ya,ada.
    Persamaan
    —Memiliki daun yang tebal
    —Mengandung air
    —Daun yang berwarna hijau dengan
    pola yang tertentu
    Pebedaan
    —Panjang daun yang tidak
    sama
    —Corak daun yang tidak seragam
    Apa yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut?
    Jawab: Terdapat perbedaan gentika antara satu varietas dengan varietas lainya

  109. Nama : Leonard Ravenvil Albert
    Kelas : X MIPA 6
    No.Absen : Ke-13
    Setelah saya amati beberapa jenis tumbuhan di buku.Bedasarkan ciri-cirinya.
    Apakah ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman sejenis?
    Jawab: Ya
    Apakah terdapat persamaan dan perbedaan pada tanaman-tanaman tersebut?
    Jawab: Ya,ada.
    Persamaan
    —Memiliki daun yang tebal
    —Daun yang berwarna hijau dengan
    pola yang tertentu
    Pebedaan
    —Panjang daun yang tidak
    sama
    —Corak daun yang tidak seragam
    Apa yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut?
    Jawab: Terdapat perbedaan gentika antara satu varietas dengan varietas lainya

  110. Setelah saya amati beberapa jenis tumbuhan di buku.Bedasarkan ciri-cirinya.
    Apakah ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman sejenis?
    Jawab: Ya.

    Apakah terdapat persamaan dan perbedaan pada tanaman-tanaman tersebut?
    Jawab: Ya,ada.
    Persamaan terdapat pada daun yang tebal,daun yang berwarna hijau dengan pola yang tertentu
    Pebedaan terdapat pada panjang daun yang tidak sama,corak daun yang tidak seragam.

    Apa yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut?
    Jawab: Terdapat perbedaan pada gentika antara satu varietas dengan varietas lainya.

  111. 1.Apakah ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman sejenis?
    Jawab: Ya.

    2.Apakah terdapat persamaan dan perbedaan pada tanaman-tanaman tersebut?
    Jawab: Ya,ada.
    Persamaan terdapat pada daun yang tebal,daun yang berwarna hijau dengan pola yang tertentu
    Pebedaan terdapat pada panjang daun yang tidak sama,corak daun yang tidak seragam.

    3.Apa yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut?
    Jawab: Terdapat perbedaan pada gentika antara satu varietas dengan varietas lainya.

  112. 1.Apakah ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman sejenis?
    Jawab: Ya.

    2.Apakah terdapat persamaan dan perbedaan pada tanaman-tanaman tersebut?
    Jawab: Ya,ada.
    —Persamaan terdapat pada daun yang tebal,daun yang berwarna dan memiliki ujung daun yg runcing
    —Pebedaan terdapat pada panjang daun yang tidak sama,corak daun yang tidak seragam.

    3.Apa yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut?
    Jawab: Terdapat perbedaan pada gentika antara satu varietas dengan varietas lainya.

  113. Nama: Arfita putri ramadhani

    Anaphalis javanica, yang dikenal secara populer sebagai Edelweiss jawa (Javanese edelweiss) atau Bunga Senduro, adalah tumbuhan endemik zona alpina/montana di berbagai pegunungan tinggi Nusantara.[1] Tumbuhan ini dapat mencapai ketinggian 8 meter dan dapat memiliki batang sebesar kaki manusia walaupun umumnya tidak melebihi 1 meter. Tumbuhan ini sekarang dikategorikan sebagai langka.

  114. Anaphalis javanica, yang dikenal secara populer sebagai Edelweiss jawa (Javanese edelweiss) atau Bunga Senduro, adalah tumbuhan endemik zona alpina/montana di berbagai pegunungan tinggi Nusantara.[1] Tumbuhan ini dapat mencapai ketinggian 8 meter dan dapat memiliki batang sebesar kaki manusia walaupun umumnya tidak melebihi 1 meter. Tumbuhan ini sekarang dikategorikan sebagai langka.

  115. Harimau Sumatera. Harimau Sumatera adalah salah satu hewan langka di Indonesia yang keberadaannya sudah terancam punah.

  116. Tarsius/Singapuar
    Tarsius adalah primata dari genus Tarsius, suatu genus monotipe dari famili Tarsiidae, satu-satunya famili yang bertahan dari ordo Tarsiiformes. Meskipun grup ini dahulu kala memiliki penyebaran yang luas, akan tetapi semua spesies yang hidup sekarang jumlahnya terbatas dan ditemukan di pulau-pulau di Asia Tenggara.

  117. Setelah saya mengamati beberapa jenis tumbuhan di atas, tumbuhan di atas adalah Sansivera atau lidah mertua, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.
    persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Daun tebal dan kaku
    2. Daun mengandung air
    3. Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    4. Batang berbentuk rhizoma
    5. Akar serabut
    perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:
    1. Warna hijau yang tidak seragam
    2. Panjang dan lebar daun yang tidak seragam
    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya.

  118. Burung ini memiliki bulu berwarna hitam, kulit sekitar mata berwarna kuning, iris mata merah kecoklatan, kaki abu-abu, paruh jingga dan bulu sisi bawah berwarna merah-muda keputihan. Di atas kepalanya terdapat tanduk atau jambul keras berwarna hitam.

  119. Jalak Bali Sesuai namanya, burung langka yang satu ini hanya hidup di Bali, tepatnya bagian barat Pulau Bali. Jalak Bali merupakan spesies burung pengicau. Ukurannya sedang, sekitar 25 centimeter.

  120. Hewan langkah
    •Anoa
    hewan ini berasal dari pulau sulawesi,mereka biasa hidup di wilayah dengan ketinggian 1000 hingga 2.300 Mdps. Sedangkan jenis spesies anoa lain dapat ditemukan di sekitaran pantai.

  121. Pesut Mahakam
    Dari kelompok hewan laut, Pesut Mahakam bisa dibilang hewan air yang terlangka. Hewan ini adalah mamalia namun ia hidup di air tawar. Tercatat jumlahnya sisa sekitar 70-an ekor, dan dapat ditemui di Sungai Mahakam.

  122. setelah saya mengamati 3 jenis tumbuhan tersebut maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga gambar tersebut merupakan tumbuhan sejenis tetapi beda sejenis tetapi beda vaeritas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada ketiga tumbuhan tersebut

    terdapat beberapa persamaaan dan perbedaan yaitu:

    A.perbedaan
    *warna dan ukuran yang tidak seragam
    B.persamaan
    *daun tebal dan kaku
    *ujung daun yang runcing
    *sepertinya bisa hidup di daerah yang tundus
    yang menyebabkan perbedaan tersebut yaitu adanya perbedaan genetika antara satu varietas dengan varietas dengan varietas lainnya

  123. Hewan Langka:
    Elang-laut dada-putih dengan nama latin Haliaeetus leucogaster dijuluki “mesin terbang” hidup yang paling mengesankan di bumi ini, dan julukan itu bukannya tanpa alasan. Dengan bentangan sayap sepanjang tiga meter, burung laut terbesar ini sanggup terbang hingga kecepatan 115 kilometer per jam.

  124. Bunga Kantong Semar

    Yang unik dari pohon kantung semar ini adalah, pohon ini bisa memakan serangga yang ada di sekelilingnya. Biasanya mereka memangsa serangga, lalat, kumbang yang berada di sekitar kantong nya. Itulah yang menyebabkan pohon ini disebut kantong semar.

  125. ᴘᴀᴅᴍᴀ ʀᴀᴋꜱᴀꜱᴀ (ʀᴀꜰꜰʟᴇꜱɪᴀ ᴀʀɴᴏʟᴅɪɪ)

    Padma raksasa (Rafflesia arnoldii) merupakan tumbuhan parasit obligat yang tumbuh di dalam batang tumbuhan merambat dari genus Tetrastigma. Rafflesia arnoldii terkenal karena memiliki bunga yang sangat besar, bahkan terbesar di dunia. Rafflesia arnoldii tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesis.

  126. Zebra adalah binatang dari famili kuda yang tubuhnya berbelang-belang hitam dan putih. Habitat hewan ini tersebar di Afrika Selatan, Afrika Barat, dan Afrika Timur. Ada tiga jenis zebra yaitu zebra gunung (Equus zebra), zebra dataran (Equus quagga) dan zebra primitif (Equus grevyi).

  127. Yaki atau kera hitam Sulawesi adalah satwa endemik Indonesia yang hanya terdapat di pulau Sulawesi utara dan beberapa pulau di sekitarnya.Cirinya yang khas adalah warna seluruh tubuhnya yang hitam dan memliki rambut yang berbentuk jambul di atas kepala. Makanan utamanya adalah buah-buahan.

  128. Musang cangkok
    Hewan langka yang satu ini beratnya mencapai 5 kg dan mempunyai panjang tubuh sekitar 70 cm. Musang Congkok dapat di temukan di wilayah Aceh dan pegunungan Sumatra Barat. Hewan ini cukup gesit untuk memanjat pohon. Sedangkan makanan utamanya adalah mamalia kecil dan beberapa jenis serangga.

  129. Hewan ini kini hanya dapat ditemukan di Nusa Tenggara. Hewan yang termasuk anggota famili biawak Varanidae ini juga dikenal dengan sebutan “ora”. Karena aktivitas manusia yang semakin meningkat, habitat asli komodo sudah banyak hilang. Karena itu, komodo termasuk salah satu hewan yang keberadaannya dilindungi. Anda dapat melihat komodo di pulau Komodo, Nusa Tenggara.

  130. Daun payung atau sering disebut juga sebagai daun sang dan salo merupakan tumbuhan yang banyak hidup di daerah Sumatera. Tumbuhan ini memiliki daun yang sangat besar, lebar, dan juga kuat.

  131. Setelah saya mengamati 3 jenis tumbuhan tersebut maka berdasarkan ciri cirinya ketiga gambar tersebut merupakan tumbuhan sejenis tetapi beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada ketiga tumbuhan tersebut.

    Terdapat beberapa persamaan dan perbedaan Yaitu:
    A. Perbedaan
    -warna dan ukuran yang tidak seragam
    B. Persamaan
    -daun tebal dan kaku
    -ujung daun yang runcing
    -sepertinya bisa hidup di daerah yang tandus

    Yang menyebabkan perbedaan tersebut yaitu adanya perbedaan genetika antara satu varietas dengan varietas lainnya

  132. NAMA: Marsha aulia ramadhanty
    KELAS: X MIPA 8

    Manfaat tumbuhan disekitar kita
    Pohon pisang:
    – Buah pisang bergizi tinggi
    – Kulit pisang yang sarat manfaat
    – Olahan batang pisang
    Kunyit:
    -Menghalangi sel kanker.
    -Antioksidan yang kuat.
    -Menurunkan risiko Alzheimer.
    -Sebagai Antiinflamasi (anti-peradangan).
    -Pereda nyeri osteoartritis.
    -Pereda gangguan pencernaan dan mulas.
    -Menekan penyakit jantung dan diabetes.
    Serikaya merah:
    -Membantu pencernaan.
    -Mengurangi morning sickness.
    -Membangun saraf janin.
    -Menguatkan tulang dan mengurangi nyeri.
    -Membantu sistem pernapasan.
    -Menurunkan tekanan darah tinggi.
    -Anti peradangan.
    -Mencegah kanker.

  133. Mohammad Afrizal Sinale
    X MIPA 6

    Tumbuhan :
    1. Lidah buaya manfaatnya untuk menghaluskan rambut nilai pemanfaatannya bisa dibuat menjadi sampo
    2. Sereh manfaatnya untuk penyedap masakan nilai pemanfaatannya bisa digunakan sebagai bumbu masakan
    3. Kunyit manfaatnya untuk meredakan nyeri haid nilai pemanfaatannya dibuat menjadi minuman botol kiranti atau jamu

    Hewan :
    1. Kucing manfaatnya membantu menghilangkan stress nilai pemanfaatannya bisa menjadi hewan peliharaan
    2. Anjing manfaatnya mencegah depresi nilai pemanfaatannya bisa menjadi hewan peliharaan

  134. Nama : Mohammad Afrizal Sinale
    Kelas : X MIPA 6

    Keanekaragaman hayati memiliki
    tiga tingkatan yaitu tingkat gen, tingkat spesies dan tingkat
    ekosistem.

    Setelah mengamati beberapa jenis tumbuhan Sansivera atau lidah mertua pada gambar dengan cermat dan teliti, maka berdasarkan ciri-cirinya ketiga tanaman tersebut merupakan tanaman yang sejenis namun beda varietas karena ada keanekaragaman tingkat gen pada tumbuhan Sansivera tersebut.

    Terdapat persamaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    -Daun tebal dan kaku
    -Daun mengandung air
    -Daun berwarna hijau dengan pola tertentu
    -Batang berbentuk rhizoma
    -Akar serabut

    Terdapat perbedaan pada ketiga tanaman Sansivera tersebut yaitu:

    -Warna hijau yang tidak seragam
    -Panjang dan lebar daun yang tidak seragam

    Yang menyebabkan terbentuknya perbedaan pada tanaman tersebut yaitu adanya perbedaan genetik antara satu varietas dengan varietas lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Previous Post
sistem endokrin (sistem hormon)

Sistem Endokrin (Sistem Hormon pada Manusia)

Next Post
komponen kimia sel - komponen penyusun sel

Komponen Kimia Sel Hewan dan Tumbuhan

Related Posts